Pengungsi Afghanistan yang Bakar Diri di Medan Dirujuk ke RS Adam Malik
ILUSTRASI VOI

Bagikan:

MEDAN - Seorang pengungsi asal Afghanistan di Kota Medan yang melakukan percobaan bunuh diri dengan membakar tubuhnya kini dirujuk ke RS Adam Malik. Pengungsi bernama Ahmad Shah (22) itu mengalami luka baka parah. 

"Sudah dirujuk kemarin, Selasa siang, 30 November 2021, sekitar pukul 14.00 WIB," ujar Humas RSUPH Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak, Rabu, 1 Desember. 

Terkait penanganan medis yang akan diberikan kepada pengungsi itu, Rosario tidak memberikan penjelasan. Sebab, hal itu berkaitan dengan status pengungsi yang dibawah pengawasan UNHCR.

"Gini ya, dia kan pengungsi. Ada organisasi menaunginya, untuk saat ini. Kita berkoordinasi dengan organisasi tersebut. Mekanisme penyampai informasi terkait dengan pasien ini," sebut Rosario.

Dia juga enggan menjelaskan kondisi pengungsi itu saat ini. 

"Saya belum bisa menjawab penanganan dan hal-hal lainnya. Saya hanya bisa menjawab betul pasien ada di Adam Malik sudah dirujuk dari RS Siloam," kata Rosario.

Diberitakan sebelumnya seorang pengungsi bernama Ahmad Sah bakar diri di depan gedung Forum Nine Office Building di Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Selasa 30 November. 

Koordinator pengungsi di Kota Medan Afghanistan Muhammad Juma Mose menjelaskan rekannya sesama pengungsi mencari suaka itu, diduga mengalami depresi. Dia membakar tubuhnya.

"Luka bakar 75 persen, sekarang dirawat di rumah sakit Siloam. Dia (Ahmad Shah) mengalami depresi atau gangguan jiwa," ungkap Juma kepada wartawan di lokasi kejadian.

Juma mengatakan sebelum kejadian tersebut, dirinya bersama pengungsi yang lain mencoba menghalangi Ahmadsyah yang hendak membakar dirinya. Kemudian, membujuk korban tidak melakukan hal tersebut.

"Dia sudah menyiram tubuhnya dengan bensin. Dia juga memegang mancis (korek api) ditangan kanan dan kiri," ucap Juma.

Juma menjelaskan aksi bakar diri sebagai bentuk frustasi dihadapi Ahmad Shah, termasuk pengungsi Afghanistan tersebut. Karena, sampai saat ini mereka belum juga dikirim ke negara ketiga.

"Korban bolak balik minta sama IOM dan UNHCR untuk perhatikan. Tapi mereka tidak memperhatikan. Akhirnya dia nekat membakar diri. Badannya parah terbakar kanan kiri," kata Juma.

Juma mengatakan api di badan Ahmad Shah berhasil dipadamkan, oleh pihak sekuriti gedung Forum Nine. Kemudian, korban dievakuasi ke RS Siloam yang persis berada di depan gedung tersebut.