MPR Minta Jokowi Copot Sri Mulyani Gegara Pangkas Anggaran, Formappi: Kok Kekanak-kanakan Banget
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/ Instagram

Bagikan:

JAKARTA - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus, menyindir Pimpinan MPR yang mendesak agar Presiden Joko Widodo memecat Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Menurutnya, sikap pimpinan MPR kekanak-kanakan. MPR, kata dia, seperti kehilangan ruh kenegarawanan lantaran hanya memikirkan kepentingan lembaga sendiri sampai meminta Jokowi mencopot Sri Mulyani hanya karena anggaran lembaganya dipotong.

"Masa gara-gara pengurangan anggaran MPR, Presiden diminta mencopot Menkeu sih? Itu kok kekanak-kanakan banget," ujar Lucius kepada wartawan, Rabu, 1 Desember.

Dengan sikap yang seperti ini, Lucius menilai, MPR hanya memanfaatkan lembaga untuk mengintimidasi pejabat lain. "Jangan manfaatkan lembaga untuk mengintimidasi pejabat lain, apalagi dengan alasan yang lebih terlihat sentimentil," tegas Lucius.

Lucius menilai, Menkeu Sri Mulyani tentu punya alasan memotong anggaran MPR. Selain COVID-19, menurutnya, karena kinerja MPR tahun 2021 tidak mencapai target. Sehingga Menkeu memberikan semacam punishment dengan mengurangi anggaran MPR.

"Kan memang anggaran itu harus berbasis kinerja. Lembaga dengan kinerja yang tak memuaskan layak dihukum dengan memotong anggaran mereka," tandas Lucius.