Penembakan SMU di Michigan Tewaskan Tiga Siswa, Sheriff: Tersangka Berlatih Menembak dengan Pistol
Ilustrasi penembakan. (Pixabay/Alexas_Fotos)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang siswa kelas dua berusia 15 tahun melepaskan tembakan di sekolah menengahnya di Michigan, Amerika Serikat pada hari Selasa, menewaskan tiga siswa, termasuk seorang anak laki-laki berusia 16 tahun yang meninggal di mobil patroli polisi dalam perjalanan menuju rumah sakit, menurut otoritas setempat.

Sheriff Oakland County Michael Bouchard mengatakan Selasa malam, penyelidik masih berusaha menentukan motif penembakan di Oxford High School di Oxford Township yang didiami 22.000 penduduki berjarak sekitar 48 kilometer di utara Detroit.

"Orang yang paling mengerti dan motifnya tidak berbicara," terang Bouchard pada konferensi pers, mengutip Associated Press 1 Desember.

Ayah tersangka telah membeli pistol jenis Sig Sauer 9 mm yang digunakan dalam penembakan pada Hari Jumat, ungkap Bouchard, menambahkan dia tidak tahu mengapa pria itu membeli senjata tersebut.

Selain itu, Bouchard mengatakan tersangka telah berlatih menembak dengan pistol, kemudian mengunggah gambar target dan senjatanya.

Tiga siswa yang terbunuh adalah Tate Myre yang berusia 16 tahun, Hana St. Juliana yang berusia 14 tahun, dan Madisyn Baldwin yang berusia 17 tahun. Bouchard menerangkan, Myre meninggal di dalam mobil patroli ketika seorang deputi berusaha membawanya ke rumah sakit.

Bouchard mengatakan, pihak berwenang diberitahu tentang tuduhan yang beredar di media sosial ada ancaman penembakan di sekitar 1.700 siswa sekolah, tetapi dia mengatakan mereka tidak tahu tentang desas-desus itu sampai setelah serangan itu.

Selain itu, Bouchard menekankan betapa pentingnya tip semacam itu untuk dikirim ke pihak berwenang, sementara juga memperingatkan agar tidak menyebarkan desas-desus media sosial tentang serangan itu sebelum penyelidikan penuh.

Sementara itu, Undersheriff Mike McCabe meremehkan pentingnya insiden pada awal November ketika kepala rusa terlempar dari atap sekolah, yang katanya "sama sekali tidak terkait" dengan penembakan itu. Vandalisme mendorong administrator sekolah untuk mengirim dua surat kepada orang tua di situs web sekolah pada awal November, mengatakan mereka menanggapi desas-desus tentang ancaman terhadap sekolah tetapi tidak menemukannya.

Pihak berwenang tidak segera merilis nama tersangka penembakan, tetapi Bouchard mengatakan para deputi menangkapnya dalam beberapa menit setelah tiba di sekolah, sebagai tanggapan panggilan 911 tentang serangan itu, yang terjadi tak lama sebelum pukul 1 siang. Dia mengatakan, para deputi menangkapnya setelah dia keluar dari kamar mandi dengan pistol, yang katanya masih memiliki tujuh butir amunisi.

"Saya percaya mereka benar-benar menyelamatkan nyawa setelah menjatuhkan tersangka dengan senjata api yang berisi peluru saat masih di dalam gedung," terang Bouchard.

McCabe mengatakan, orang tua tersangka mengunjungi putra mereka di mana dia ditahan dan menyarankannya untuk tidak berbicara dengan penyelidik, karena itu adalah haknya. Polisi harus meminta izin dari orang tua atau wali tersangka remaja untuk berbicara dengan mereka, tambahnya.

Terpisah, Jaksa Oakland County Karen McDonald mengeluarkan pernyataan Selasa malam mengatakan kantornya mengharapkan untuk mengeluarkan tuntutan dengan cepat dan bahwa pembaruan akan diberikan Rabu.

Bouchard mengatakan tersangka tidak memiliki masalah sebelumnya dengan departemennya dan dia tidak mengetahui adanya riwayat disiplin di sekolah.

"Itu adalah bagian dari penyelidikan kami untuk menentukan apa yang terjadi sebelum peristiwa ini dan jika ada tanda-tanda yang terlewatkan, bagaimana hal itu terlewatkan dan mengapa," jelasnya.

Pihak berwenang mengatakan mereka sedang mencari ponsel tersangka, rekaman video sekolah dan posting media sosial untuk mencari bukti motif yang mungkin. Untuk diketahui, distrik itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa semua sekolahnya akan ditutup selama sisa minggu ini.

Masalah Amerika Serikat

Peristiwa ini juga mendapat respon Presiden Joe Biden, yang sebelum memberikan sambutan di sebuah community college di Rosemount, Minnesota, mengatakan: "Ketika kami mempelajari detail lengkapnya, hati saya tertuju pada keluarga yang menanggung kesedihan yang tak terbayangkan karena kehilangan orang yang dicintai."

Insiden terbaru dari serangkaian panjang penembakan di sekolah AS kemungkinan akan memicu perdebatan tentang kontrol senjata dan perawatan kesehatan mental, dengan banyak negara bagian yang mengizinkan akses mudah ke senjata api sementara gangguan kesehatan mental sering tidak diobati.

"Ini adalah masalah unik Amerika yang perlu kita atasi," ujar Gubernur Michigan Gretchen Whitmer, yang bergegas ke tempat kejadian dan muncul bersama McCabe di depan media, melansir Reuters.

Sekolah itu dikunci setelah serangan tersebut, dengan beberapa anak berlindung di ruang kelas yang terkunci sementara petugas menggeledah tempat itu. Mereka kemudian dibawa ke toko kelontong terdekat untuk dijemput oleh orang tua mereka.

Sebelumnya, administrator sekolah telah mengunggah dua surat kepada orang tua di situs web sekolah pada Bulan November, mengatakan mereka menanggapi desas-desus tentang ancaman terhadap sekolah setelah insiden vandalisme yang aneh.

Menurut surat 4 November yang ditulis oleh Kepala Sekolah Steve Wolf, seseorang melemparkan kepala rusa ke halaman dari atap sekolah, mengecat beberapa jendela di atap dengan cat akrilik merah dan menggunakan cat yang sama pada beton di dekat gedung sekolah selama awal jam pagi. Tanpa secara khusus merujuk insiden itu, unggahan kedua pada 12 November meyakinkan “tidak ada ancaman terhadap gedung kami maupun siswa kami."

Baik sheriff dan undersheriff menekankan, penembakan Hari Selasa tidak terkait dengan kepala rusa atau penyelidikan sebelumnya oleh kantor mereka.

"Itu adalah insiden yang berbeda, siswa yang berbeda," tukas McCabe.