Resmi Jadi Republik: Barbados Beri Penghargaan untuk Pangeran Charles, Nobatkan Rihanna Sebagai Pahlawan Nasional
(Ki-ka) PM Barbados Mia Mottley, Presiden Barbados Sandra Mason, Rihanna dan Pangeran Charles. (Twitter @ClarenceHouse)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi Rihanna dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional Barbados, seiring dengan pelantikan presiden pertama negara tersebut, seiring peralihan status menjadi republik, Hari Senin.

Perdana Menteri Barbados Mia Mottley mengatakan kepada orang banyak, "Atas nama bangsa yang bersyukur, tetapi orang yang lebih bangga lagi, oleh karena itu kami mempersembahkan kepada Anda orang yang ditunjuk untuk Pahlawan Nasional Barbados, Duta Besar Robyn Rihanna Fenty."

"Semoga Anda terus bersinar seperti berlian dan membawa kehormatan bagi bangsa Anda dengan karya-karya Anda, dengan tindakan Anda dan melakukan pujian ke mana pun Anda pergi," ujar Mottley dikutip dari CNN 1 Desember.

Menurut sebuah pernyataan dari Kantor Informasi Pemerintah Barbados yang dirilis pada saat itu, posisi tersebut memberi Rihanna "tanggung jawab khusus untuk mempromosikan pendidikan, pariwisata dan investasi untuk pulau itu."

Sebelumnya, dia juga menjadi salah satu duta budaya negara kepulauan Karibia pada tahun 2008, melakukan pekerjaan promosi untuk kementerian pariwisata.

Dalam sebuah langkah yang mendapat banyak dukungan di negara itu, Barbados secara resmi memutuskan hubungan dengan monarki Inggris dengan menjadi republik hampir 400 tahun setelah kapal Inggris pertama tiba di pulau paling timur Karibia.

Sementara itu mengutip The New York Times, Barbados resmi mengangkat Sandra Mason, seorang mantan Gubernur Jenderal yang ditunjuk oleh Ratu Inggris, sebagai presiden pertama setelah menjadi republik.

Pangeran Charles
Pangeran Charles saat memberikan sambutan di Barbados. (Twitter/@ClarenceHouse)

Sebuah salvo 21 tembakan terdengar saat lagu kebangsaan dimainkan. Bendera kerajaan merah, kuning, dan biru laut diturunkan, tepat 55 tahun setelah negara itu memperoleh kemerdekaan dari Inggris.

"Hari ini, debat dan wacana telah menjadi aksi. Hari ini, kami mengarahkan kompas kami ke arah yang baru," jelas Presiden Mason kepada para penonton yang berkumpul di ibu kota, Bridgetown.

Presiden Mason menerima suara mayoritas di parlemen pada Bulan Oktober untuk mengambil peran tersebut. Dalam pidato sesudahnya, Perdana Menteri Mia Mottley mengatakan: "Kami percaya bahwa waktunya telah tiba bagi kami untuk mengklaim takdir penuh kami. Ini adalah wanita dari tanah yang kepadanya kehormatan ini diberikan."

Dengan perubahan status ini, Barbados bergabung dengan Guyana, yang memperoleh kemerdekaan pada tahun 1966 dan menjadi republik pada tahun 1970; Trinidad dan Tobago, yang merdeka pada 1962 dan menjadi republik pada 1976; serta Dominika yang memperoleh kemerdekaan penuh sebagai republik pada tahun 1978.

Australia, Kanada, Jamaika, Selandia Baru, dan Papua Nugini termasuk di antara negara-negara yang masih menyebut ratu sebagai kepala negara. Barbados akan tetap menjadi bagian dari Persemakmuran, sebuah asosiasi sukarela dari 54 negara yang berakar di Kerajaan Inggris.

Di antara penonton yang menyaksikan pemisahan di Bridgetown adalah perwakilan dari Inggris: Pangeran Charles, putra dan pewaris tertua Elizabeth. Dia menerima penghargaan 'Order of Freedom of Barbados'.

Dalam pidatonya, Pangeran Charles menyampaikan pesan dari ibunya, harapan baik yang paling hangat. Dia juga mengucapkan selamat kepada orang Barbados dan berkata, "Dari hari-hari tergelap di masa lalu kita, dan kekejaman perbudakan yang mengerikan, yang selamanya menodai sejarah kita, orang-orang di pulau ini menempa jalan mereka dengan ketabahan yang luar biasa."

"Malam ini Anda menulis bab selanjutnya dari kisah bangsa Anda. Anda adalah penjaga warisan Anda," sebut Pangeran Charles.