Terinfeksi COVID-19 dan Sudah Tiga Kali Divaksin, Presiden Ceko Milos Zeman Dilarikan ke Rumah Sakit
Presiden Republik Ceko Milos Zeman. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Presidential Press and Information Office)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Republik Ceko Milos Zeman kembali dilarikan ke rumah sakit pada Hari Kamis, setelah dites positif terkena virus corona, kata kantornya, hanya beberapa jam setelah pembebasannya setelah lebih dari enam minggu perawatan untuk kondisi yang tidak terkait.

Presiden Zeman (77) diizinkan pulang dari rumah sakit pada Kamis pagi, tetapi ambulans membawanya kembali ke Rumah Sakit Pusat Militer (UVN) pada malam hari setelah dinyatakan positif di retret presiden di Lany, barat Praha.

Kondisi ini diperkirakan akan menjadikan pemimpin oposisi kanan-tengah Petr Fiala sebagai perdana menteri sementara, seperti yang telah direncanakan sebelumnya.

"Program presiden akan ditangguhkan sambil menunggu perawatan COVID-19," ujar kantornya dalam sebuah pernyataan, mengutip Reuters 26 November.

Presiden Zeman telah menerima vaksin virus corona tiga kali, media lokal mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan presiden tidak menunjukkan gejala.

Situs web berita www.seznamzpravy.cz mengutip Direktur UVN Miroslav Zavoral, yang merupakan dokter utama Zeman, yang mengatakan, presiden telah menerima kunjungan selama rawat inap sebelumnya, melakukan tes untuk COVID-19 setelah kontak 'berisiko dengan karyawan di Lany.

Dia dibawa ke rumah sakit untuk menerima perawatan dengan antibodi monoklonal, katanya.

Presiden sebelumnya dirawat di rumah sakit pada 10 Oktober dengan komplikasi penyakit kronis yang tidak pernah ditentukan oleh kantornya, tetapi menurut dokter adalah kondisi hati.

Dia masuk rumah sakit sehari setelah pemilihan parlemen di mana sekutu Zeman, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Andrej Babis, kalah dari koalisi kanan-tengah.

Presiden Zeman awalnya dirawat di unit perawatan intensif dan dokter mengatakan prognosisnya tidak pasti. Parlemen bersiap untuk berdebat menghapus tugas kepresidenannya, tetapi setelah beberapa minggu kondisi presiden membaik.

Dia mengatakan akan menghormati hasil pemilihan, akan menunjuk pemimpin kanan-tengah Fiala sebagai perdana menteri pada Hari Jumat, dengan penunjukan Kabinet menyusul kemudian.

Sementara itu, rumah sakit mengatakan sebelumnya Presiden Zeman memutuskan untuk melanjutkan perawatan di retret presiden, meskipun ada saran dari rumah sakit dia harus tinggal.

Rumah sakit mengatakan, Presiden Zeman, keluarga dan rekan terdekatnya telah diberitahu tentang potensi risiko dan komplikasi, merekomendasikan dia dirawat di fasilitas medis khusus.

Tetapi dikatakan ada "perbaikan signifikan" dalam kondisi presiden, menghormati keputusannya untuk "memberi preferensi untuk melakukan tugas konstitusionalnya".

Untuk diketahui, sebelum dirawat di rumah sakit, Zeman telah mencoba untuk meningkatkan hubungan dengan Rusia dan China, tetapi hubungan memburuk dengan Moskow dalam pertikaian mata-mata dan dengan Beijing karena rencana investasi yang gagal.

Pemerintah yang akan datang bermaksud untuk memperkuat orientasi Barat negara itu, memperkuat hubungan dengan negara-negara demokrasi termasuk Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya.

Zeman memiliki sisa waktu 15 bulan dalam masa jabatan lima tahun kedua sekaligus periode terakhir pemerintahannya.