Satpol PP Solo Buru Pelaku Vandalisme Lewat Selebaran dan Coretan Vandalisme di Flyover Manahan
Kepala Satpol PP Kota Solo Arif Darmawan (ANTARA)

Bagikan:

SURAKARTA - Satpol PP Kota Solo , Jawa Tengah tengah mencari pelaku aksi vandalisme lewat selebaran yang ditemukan dibeberapa titik kota setempat. Selebaran berisi cacian terhadap pelatih Persis ditemukan usai kekalahan menghadapi PSIM beberapa waktu lalu.

"Kami mulai tahu hari Minggu, 21 November pagi saat patroli pagi mulai ada (tulisan dan selebaran, red.). Itu nyebar, bahkan ditemukan juga spanduk-spanduk bekas di pohon. Masih banyak banget," jelas Kepala Satpol PP Kota Solo Arif Darmawan di Solo, Antara, Selasa, 23 November.

Satpol PP juga berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk mengetahui pelaku aksi vandalisme melalui CCTV.

"Kami minta CCTV siapa yang memasang. Dalam hal ini kami akan kerja sama dengan kepolisian," katanya.

Disinggung mengenai isi selebaran maupun pesan yang terdapat pada coretan dinding salah satunya di flyover Manahan, Arif enggan menjelaskan detail. 

"Kami tidak berwenang pada konten, lebih ke pemasangan yang tidak pada tempatnya. Bahwa dia melakukan vandalisme, mengotori lingkungan, merusak pohon," katanya.

Ia mengatakan nantinya jika sudah diketahui pelaku aksi tersebut maka akan dilihat seberat apa pelanggaran yang dilakukan.

"Kalau pelanggarannya tinggi maka kami naikkan ke penyidikan kemudian tipiring (tindak pidana ringan). Kalau ringan kami lakukan pembinaan," katanya.

Terkait hal itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan mencari pelaku aksi tersebut. "Kami cari pelakunya, ini belum kelihatan di CCTV," katanya.

Ia juga menyesalkan aksi vandalisme tersebut dilakukan di flyover Manahan mengingat jalan layang tersebut merupakan bangunan baru.

"Sangat disayangkan sekali, itu kan baru. Nanti kami bersihkan," katanya.