Dinas Pertamanan Sebut Usia Pohon di Jakarta Sudah Mencapai Puluhan Tahun, Rawan Roboh
Pohon tumbang di Otista Jakarta Timur/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat mencatat terdapat 142 pohon yang roboh sepanjang Januari - November 2021. Dari jumlah 142 pohon, diantaranya 78 pohon sempal dan 64 pohon tumbang akibat terpaan angin kencang dan pengeroposan.

Menurut Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda, kawasan rawan pohon tumbang ada di wilayah Menteng, Jakarta Pusat. Kawasan itu dinyatakan rawan karena terdapat sejumlah pohon yang berusia tua mencapai puluhan hingga ratusan tahun.

Mila menyebutkan, kawasan Menteng menjadi wilayah konservasi pohon dan lingkungan.

"Di Menteng pohon ada berusia ratusan tahun. Menteng itu kan kawasan konservasi pohon. Selain bangunannya maupun lingkungan, termasuk pohon. Lihat di Suropati itu pohon dari jaman Belanda," ujarnya saat dihubungi VOI, Senin 22 November.

Dikatakan Mila, untuk mengantisipasi pohon tua yang tumbang, pihaknya rutin melakukan penopingan dahan pohon agar batang pohon tidak terbebani dengan beratnya dahan ketika ada angin yang menerpa.

"Perawatan pohon tua berupa pemangkasan (sebagian pohon). Karena Suropati itu kewenangan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, kita koordinasi," ujarnya.

Lebih lanjut, Mila menilai warga di kawasan Menteng juga sangat kritis. Jika ada pohon yang terlalu rimbun segera dilaporkan ke Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat.

"Mereka sering melaporkan, meminta untuk pemangkasan jika dianggap (pohon) terlalu rimbun," ucapnya.