Viral Beredar Video Jalur Wisata Bromo Amblas, Benarkah?
Ilustrasi Gunung Bromo (Photo by Levi Ari Pronk on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah video yang memperlihatkan jalan amblas beredar dan tersebar secara luas di media sosial. Terlihat jalan tinggal separuh karena amblasnya tanah. Narasi yang ditulis, peristiwa tersebut terjadi di jalur wisata Gunung Bromo.

Benarkah?

Jangan dulu percaya dan ditelan mentah-mentah informasi itu.

Faktanya, peristiwa jalan amblas tersebut bukan terjadi di jalur wisata Gunung Bromo. Kejadian tersebut terjadi di luar Kabupaten Probolinggo.

Dikutip dari laman resmi Probolinggo, hingga Jumat 19 November, jalur wisata Gunung Bromo melalui pintu masuk Kabupaten Probolinggo masih aman dan tidak ada jalan amblas. Sehinggga dipastikan kalau para pengendara yang mau melintas tetap aman.

Kepala Dinas Komunikasi, Informartika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian memastikan bahwa informasi tersebut hoaks/disinformasi.

“Kami sudah mengecek dan memastikan bahwa kabar amblasnya jalan di jalur wisata Gunung Bromo tersebut hoaks/disinformasi. Jalur wisata Gunung Bromo melalui Kabupaten Probolinggo masih aman dan tidak ada jalan amblas,” katanya.

Yulius memastikan bahwa jalan amblas tersebut bukan jalur di Kabupaten Probolinggo.

"Marilah kita bijak dalam bermedia sosial. Masyarakat jangan resah dan panik dengan beredarnya video tersebut. Ini bukan terjadi di Kabupaten Probolinggo,” sambungnya.

"Saya imbau masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang sumbernya tidak dapat dipertanggungjawabkan dan hal itu meresahkan masyarakat di sekitar Gunung Bromo," tutup dia.