Akan Dilantik Jokowi Jadi KSAD, Pimpinan DPR Minta Letjend Dudung Bawa TNI AD Semakin Maju
Mayjen Dudung Abdurachaman (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman akan dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu, 17 November, pukul 13.30 WIB.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memberikan selamat kepada Letjen Dudung. Dia menilai Letjen Dudung pantas mengemban jabatan KSAD.

"Kami ucapkan selamat bertugas kepada KSAD yang baru," ujar Dasco di Gedung DPR, Rabu, 17 November.

Ketua Harian Partai Gerindra itu berharap, dibawah komando Dudung, TNI AD semakin maju dalam menjaga NKRI.

"Semoga Angkatan Darat di bawah kepemimpinan Pak Dudung tetap maju dalam bingkai NKRI menjaga keutuhan negara," imbuhnya.

Selain Dudung, sebelumnya ada sejumlah jenderal TNI bintang 3 yang menjadi kandidat KSAD. Yakni Letjen Dudung, Kabais TNI Letjen Joni Supriyanto, Danpusterad Letjen Teguh Arief, Danpussenif Letjen TNI Arief Rahman dan Kasum TNI Eko Margiyono.

"Kalau kita lihat beberapa calon yang kemarin beredar namanya, itu semua memenuhi kualifikasi yang cukup pantas untuk menduduki jabatan KSAD. Namun itu terpulang pada kewenangan Presiden untuk mengangkat KSAD yang baru," kata Dasco.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi diagendakan melantik Letjen Dudung sebagai KSAD dan Kepala BNPB baru, Mayjen Suharyanto.

"Presiden juga akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala BNPB, dan 12 duta besar Republik Indonesia untuk negara sahabat. Pelantikan akan dilaksanakan Rabu, 17 November 2021 pukul 13.30 WIB di Istana Negara," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.