Ajudan Wagub Sumbar Positif COVID-19
Ilustrasi COVID-19 (Bao_5/Pixabay)

Bagikan:

PADANG - Ajudan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit terkonfirmasi positif COVID-19. Saat ini, ajudan Wagub Sumbar menjalani isolasi.

"Selasa (4/8) kemarin, kita menjalani swab tes.  Hasilnya, satu orang ajudan saya terkonfirmasi positif COVID-19. Alhamdulillah, kondisinya sehat-sehat. Sekarang sedang menjalani protokol kesehatan," kata Nasrul Abit dalam keterangan tertulis, Rabu, 5 Agustus malam.

Ajudan Nasrul Abit menjalani isolasi di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar. Ajudan itu masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

"(Diisolasi) di bawah pengawasan ketat tim medis. Kita doakan semoga yang bersangkutan cepat sembuh dan beraktivitas kembali," ujarnya.

Belum diketahui di mana ajudan Nasrul Abit terpapar COVID-19. Tim medis menurut Nasrul melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan ajudannya.

"Terkait dengan ajudan saya, untuk kembali memastikan apakah ada ASN di lingkungan Pemrov Sumbar yang terpapar atau tidak, saat ini tim Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar sedang melakukan tracing masif. Mudah-mudahan tidak ada lagi yang terpapar," sambung dia.

Sementara itu, ajudan Nasrul Abit dalam keterangannya mengatakan dirinya dalam kondisi baik. Diperkirakan isolasi akan dilanjutkan di rumah.

"Lima hari ke depan, saya diperkirakan sudah boleh pulang. Tapi tetap harus menjaga kesehatan, dan menerapkan protokol COVID-19. Saya harus tetap istirahat dan melanjutkan isolasi selama 14 hari," kata ajudan tersebut.

Diberitakan sebelumnya, kasus COVID-19 juga dialami Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution. Selain itu ada dua kepala dinas yang terkonfirmasi positif. 

Kepala Dinas Kesehatan Medan, Edwin Effendi mengatakan, Akhyar Nasution mulanya mengalami demam pada Senin, 3 Agustus. Akhyar saat itu juga langsung memeriksakan diri ke rumah sakit

“Sorenya dilakukan swab, dan Selasa pagi hasilnya positif,” kata Edwin kepada wartawan di Medan, Rabu, 5 Agustus.

Akhyar Nasution saat ini masih menjalani perawatan medis di RS. Kondisi Akhyar disebut Edwin, stabil.