Secara Tak Sengaja Wakanda Jadi Mitra Dagang Bebas Amerika Serikat
Negara fiktif Wakanda (@Marvelstudio)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi penggemar film atau komik Marvel pasti sudah tak asing lagi, dengan satu negara fiktif yang ada di Timur Afrika yakni Wakanda. Namun siapa sangka, jika Wakanda justru menjadi mitra perdagangan bebas dengan Amerika Serikat (AS).

Melansir dari BBC, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) secara tidak sengaja menambahkan negara tersebut ke dalam daftar mitra dagang. Negara asal Black Panther ini pun memperdagangkan hewan ternak, baik bebek, kedelai dan produk sapi sebagai barang ekspornya.

Juru bicara USDA mengatakan bahwa ketidaksengajaan itu terjadi saat ujian teknis bagi calon pegawainya. Hal ini pertama kali ditemukan oleh Francis Tseng, seorang teknisi perangkat lunak dari New York yang sedang mencari tarif produk pertanian terkait sebuah lamaran beasiswa yang sedang ia lakukan.

Setelah viral di media sosial, informasi terkait negara Wakanda kemudian dihapus dari daftar mitra dagang AS. "Informasi tentang Wakanda seharusnya dihapus sesudah uji coba selesai, dan sekarang sudah dicabut," kata juru bicara USDA kepada Washington Post.

Sejatinya, Wakanda merupakan negara fiktif dalam cerita Black Panther. Bila dibandingkan negara lain, peradaban di Wakanda sudah canggih karena memiliki sumber material terkuat di bumi yakni Vibranium.

Wakanda pertama kali muncul di dalam komik Fantastic Four tahun 1966, dan muncul kembali besar-besaran ke publik sesudah tampil di film Black Panther yang menjadi peraih Piala Oscar tahun lalu dalam kategori ilustrasi musik, rancangan busana dan desain produksi.

Ilustrasi Gedung Putih (Pixabay)

Kapten Amerika dan Spiderman

Bukan pertama kalinya, nama-nama fiktif dari jagoan Marvel muncul secara nyata. Sebut saja, Peter Parker (Spiderman) sampai Steve Rogers (Captain Amerika) juga masuk dalam daftar penasihat magang di Gedung Putih.

Hal itu diketahui pertama kali dari laporan magang Dewan Penasihat Ekonomi di Gedung Putih yang diunggah melalui akun Twitter @marthagimbel. Dalam daftar pekerja magang yang tercantum pada halaman 624, tertulis beberapa nama yang cukup familiar bagi penggemar komik atau film. 

Bahkan konglomerat dari komik DC Bruce Wayne (Batman) dan JT Hutt atau Jabba the Hutt alien raksasa di film Star Wars juga terdaftar sebagai penasihat magang di Gedung Putih.