19 Kios Baju Bekas Sampai Elektronik di Pasar Aur Tajungkang Sumbar Hangus Terbakar
Kios pedagang di Pasar Aur Tajungkang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat, terbakar (ANTARA/HO-Kominfo Bukittinggi)

Bagikan:

JAKARTA - Puluhan kios pedagang di Surau Gonjong, Pasar Aur Tajungkang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Selasa, 16 November pagi tadi terbakar.

"Ada 19 petak kios baju bekas, satu petak kios elektronik bekas, delapan petak kios peralatan rumah tangga (28 unit)," kata petugas Bagian Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bukittinggi April dilansir dari Antara, Selasa, 16 November. 

Kebakaran terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Mayoritas kios terdampak berada di posisi tengah pasar. April menambahkan, petugas dan mobil pemadam kebakaran sudah dikerahkan ke Pasar Aur Tajungkang dan berhasil menjinakan api.

"Ada enam unit mobil pemadam dari Kota Bukittinggi dan tiga lainnya bantuan dari Kabupaten Agam dengan total petugas 38 orang. Api berhasil dipadamkan pukul 08.15 WIB," kata April.

Berdasarkan data sementara, kebakaran yang terjadi di Pasar Aur Tajungkang ditaksir menyebabkan kerugian sekitar Rp700 juta. Aparat kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran kios pedagang di pasar tersebut.

Sementara itu, Pemerintah Kota Bukittinggi menggelar rapat koordinasi untuk menangani dampak kebakaran di pasar itu.

Kebakaran pasar rakyat di Bukittinggi pernah terjadi pada September 2021 lalu dan menyebabkan 300 lapak pedagang di Los Maco Pasar Bawah Bukittinggi hangus.