Plt Gubernur Sulsel Segera Bangun Jembatan Baru yang Ambruk di Luwu
Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan jembatan roboh di Luwu (Kolase Antara ho Pemprov Sulsel)

Bagikan:

MAKASSAR - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, Jembatan Poringan, Kabupaten Luwu yang ambruk, akan segera dibangun kembali untuk kelancarannya akses dan perekonomian masyarakat.

"Kami mendapat informasi, tadi malam Jembatan Poringan yang menjadi jalur alternatif Palopo-Luwu terputus. Insya Allah akan segera dibangun jembatan yang baru," kata Andi Sudirman di Makassar dikutip Antara, Selasa, 9 November.

Dia menjelaskan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan membangun jembatan yang baru dengan skema bantuan keuangan ke Kabupaten Luwu. Mengingat, jalur tersebut berstatus jalan tani yang menjadi kewenangan Kabupaten.

"Tahun depan kita siapkan bantuan keuangan untuk pembangunan jembatan yang baru. Apalagi jembatan ini menjadi akses masyarakat dalam distribusi hasil pertanian," ujar Andi Sudirman.

Jembatan Poringan yang terletak di Desa Tabah, Kecamatan Walenrang Timur Kabupaten Luwu, terputus, Senin malam.

Jembatan yang memiliki panjang 12 meter tersebut merupakan jalur alternatif yang menghubungkan Kota Palopo dan Kabupaten Luwu.

Sebelum roboh, jembatan sempat dalam kondisi miring. Namun saat sebuah truk bermuatan pupuk kandang melintas, akhirnya terputus karena tidak mampu menahan beban.

Akibatnya truk tersebut jatuh secara bersamaan dengan jembatan yang terbuat dari kayu itu.