Pengamanan Asia Talent Cup dan World Superbike Championship Super Ketat, Disediakan Helikoper hingga Kapal
Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. (Foto: Ahmad Subaidi/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 1.500 personel TNI-Polri dikerahkan guna pengamanan Event internasional Asia Talent Cup dan World Superbike Championship (WSBK). Rencananya event internasional itu berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kira-kira ada 1.500-an ya. Itu juga termasuk melibatkan TNI," ujar Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto saat dihubungi, Selasa, 9 November.

Dalam skema penagmanan event yang berlangsung sekitar akhir bulan November ini, anggota Polri yang bakal dikerahkan berasal dari Polda NTB.

Kemudian, bakal dikerahkan juga Helikopter dan Kapal untuk mendukung semua kebutuhan demi kelancaran acara tersebut.

"Kita kira-kira mengerahkan polda jajaran NTB Itu seribuan. kemudian kita BKO, helikopter, kapal, Polair, terus Brimob," tandas Imam.

Diberitakan sebelumnya, Polda Nusa Tenggara Barat, bakal menerapkan penjagaan berlapis pada even idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike di Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok, akses jalan masuk menuju sirkuit dijaga ketat.

"Untuk pengamanan telah dipersiapkan secara komprehensif. Semua jalur masuk sudah diatur baik yang masuk dari jalan Bypass Bandara Lombok atau dari arah Barat dan timur, serta pengunjung yang menginap juga sudah disimulasikan tekhnik pengamanannya," kata Kapolda NTB Irjen Moh Iqbal.

Dalam rangka pelaksanaan penyelenggaraan event IATC dan WSBK perlu didukung dengan pengamanan yang baik untuk menjamin keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Kita akan menggelar operasi mandiri kewilayahan dengan sandi Mandalika Rinjani 2021," katanya.