Lili Pintauli Siregar, Perempuan Kedua di Jajaran Pimpinan KPK
Lili Pintauli Siregar (Wardhany Tsa Tsia/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Lima pimpinan KPK periode 2019-2023 akan segera dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Acara pelantikan ini direncanakan akan berlangsung pada pukul 14.30 WIB.

Mereka yang akan dilantik adalah Ketua KPK terpilih Firli Bahuri dan empat Wakil Ketua KPK lainnya yaitu Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, dan Nawawi Pomolango, Alexander Marwata yang merupakan incumbent dari pimpinan jilid IV.

Menjelang pelantikan dilakukan, kini para pimpinan KPK baru itu tengah mengikuti geladi bersih di Istana Negara. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua KPK terpilih, Lili Pintauli Siregar.

"Saya sudah berada di Istana. Jam 13.00 WIB akan geladi bersama pimpinan KPK lainnya," kata dia saat dihubungi VOI lewat pesan singkat, Jumat, 20 Desember.

Sebelum pelantikan digelar, Lili mengaku tak ada persiapan khusus. "Tidak ada persiapan khusus (untuk pelantikan hari ini)," ungkapnya.

Selain itu, wanita kelahiran Bangka Belitung, 9 Februari 1966 mengaku tak ada perasaan tegang jelang pelantikan dirinya sebagai Wakil Ketua KPK karena dia sebelumnya merupakan mantan Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"Biasa saja (tidak deg-degan). Kan sudah pengalaman dua kali jadi pimpinan LPSK. Hehe," ujarnya.

Diketahui, Lili Pintauli Siregar adalah seorang pengacara sekaligus Komisioner Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) selama dua periode yaitu 2008-2013 dan 2013-2018.

Llili sempat mengenyam pendidikan hukum pada jenjang S1 dan S2 di Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Medan. Setelah lulus S1, dia mengawali kariernya sebagai Asisten Pembela Umum LBH Medan pada 1991-1992 dan kemudian bekerja di Kantor advokat Asamta Paranginangin, SH & Associates pada 1992-1993 sebagai asisten pengacara.