Jakarta Banjir Lagi, Yusuf Muhammad Semprot Anies Baswedan: Gubernurnya Cuma Ahli Kata-kata
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Pegiat media sosial, Yusuf Muhammad mengkritik pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria yang menyebut persoalan banjir di Ibu Kota tidak bisa diselesaikan dalam satu atau dua periode pemerintahan, tapi butuh waktu lama dan kerja sama semua pihak.

Yusuf Muhammad mempertanyakan berapa periode yang dibutuhkan untuk menuntaskan masalah banjir di Jakarta. Ia lantas menyindir Anies yang cuma ahli kata-kata. "Jadi harus berapa periode lagi?" cuit Yusuf Muhammad di akun Twitter dikutip dari ERA.id, Selasa, 2 November. 

"Kalau gubernurnya cuma ahli kata2 biar jabatannya diperpanjang sampai lebaran kuda juga gak akan bisa selesai," tambah dia.

Sebelumnya, wilayah RW 03 dan 04 Cipinang Melayu terendam banjir hingga 80 sentimeter pada Senin kemarin setelah hujan deras mengguyur Jakarta. Banjir itu juga membuat sejumlah warga terpaksa mengungsi di tenda pengungsian yang berada di kolong Tol Becakayu.

Petugas gabungan dari Damkar Jakarta Timur, BPBD, dan kepolisian pun diterjunkan untuk menyedot air yang menggenang permukiman warga di Cipinang Melayu.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (Kadis SDA) DKI Jakarta, Yusmada Faizal, mengatakan banjir yang terjadi di RW 03 dan 04 Cipinang Melayu karena intensitas hujan tinggi pada Senin siang hingga sore hari.

"Hujannya terlalu besar, hujannya tercatat 142 mili. Ini termasuk sangat-sangat lebat," kata Yusmada Faizal di Jakarta, Selasa.

Yusmada mengatakan ketinggian Pos Pantau Sunter Hulu pada Senin pukul 12.00 WIB masih berstatus siaga empat atau normal, tapi pada pukul 16.00 WIB ketinggian naik menjadi siaga satu hingga pukul 19.00 WIB.

Hal itu membuat debit air tidak sepenuhnya tertampung di Waduk Tiu dan Waduk Pondok Ranggon. Dia juga membantah upaya pembuatan sodetan Kali Sunter ke Waduk Tiu dan Waduk Pondok Ranggon tak efektif kurangi banjir.