Kembalinya The Fly dengan Single <i>Sebelah Mata</i>
The Fly (Dok. The Fly)

Bagikan:

JAKARTA - Mendekati penghujung tahun 2019, banyak band yang meramaikan jagat musik Indonesia dengan merilis single baru. Salah satunya The Fly, yang melepas lagu bertajuk Sebelah Mata melalui label RANS Music milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

The Fly saat ini hanya digawangi dua personel, yaitu Kin pada vokal dan gitar serta Levi pada bass. Walaupun sering mengalami pergantian personel, The Fly tetap konsisten bermusik. Sebelum merilis Sebelah Mata, Kin dan Levi lebih dahulu berkolaborasi dengan Nagita Slavina dalam versi baru lagu Terbang.

Sebelah Mata bercerita soal musisi yang sering dianggap remeh atau dipandang ‘sebelah mata’. Biasanya ini terjadi pada musisi yang baru merintis karier atau belum menerima kepopuleran atau kekayaan dari karier bermusiknya.

The Fly berharap lagu Sebelah Mata bisa mewakili musisi jalanan yang mengalami cerita seperti dalam lagu ini tetap berjuang untuk menghasilkan karya yang dapat diterima masyarakat luas.

Sebagai perayaan 25 tahun eksistensi The Fly sekaligus ucapan terima kasih kepada Flymates (sebutan penggemar The Fly), Kin dan Levi akan menggelar sebuah intimate show di Albero Music Bar and Lounge, Tebet, Jakarta Selatan pada 12 Desember 2019. Acara ini akan diramaikan oleh Kikan Namara, Sandi PAS Band, dan Raidensoe (Roxx, Bunga).

Sedikit menengok ke belakang. Terbentuk pada 1994, The Fly digawangi Kin dan Levi, serta B'Jah (vokal), Adith (kibor), Iren (gitar), Kus (gitar akustik), dan Irwan (drum). Awalnya, mereka sering membawakan lagu-lagu dari grup musik U2 di panggung-panggung konser.

Penamaan nama The Fly juga terinspirasi dari salah satu judul lagu milik band asal Irlandia itu. Kin, bahkan sering terlihat menggunakan jenis kacamata yang mirip dengan yang digunakan Bono dan juga menggunakan intonasi vokal yang mirip dengan sang vokalis kharismatik itu saat menyanyi.

Karena serangkaian kasus pribadi, B'jah keluar dan digantikan oleh Firman Siagian pada 2007 dan Teddy Suryaman (2011). Masing-masing ambil bagian dalam album If Loving You Is Wrong, I Don't Want To Be Right dan A New Beginning from Another Beginning's End. The Fly juga pernah berkolaborasi dengan Rio Dewanto dalam lagu Indah Pada Waktunya empat tahun lalu.