Fitur Kurasi Baru Spotify untuk Jodohkan <i>Podcaster</i> dan Pendengar
Ilustrasi foto (Age Barros/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Spotify akhirnya kembali melanjutkan investasinya di sisi bisnis streaming podcast dengan meluncurkan serangkaian daftar putar podcast yang dikurasi. Sebuah kabar baik, tentu saja.

Untuk pembuat konten, ini akan memudahkan mereka memahami apa yang disukai penggemar dari daftar podcastnya. Bagi pendengar, kurasi akan mempermudah mereka menemukan podcast-podcast yang cocok.

Melansir Tech Hive, Rabu 22 April, hari ini perusahaan streaming musik tersebut telah memperkenalkan 17 daftar lagu podcast yang diprogram, termasuk daftar putar unggulan Crime Scene, Brain Snacks, dan Best Podcast of the Week yang akan diperbarui secara berkala.

Layanan streaming musik yang berbasis di Stockholm, Swedia ini telah menerapkan teknologi personalisasi ke podcast untuk memberikan saran yang lebih baik tentang apa yang harus didengarkan, seperti yang telah dilakukan dengan rekomendasi musik yang dipersonalisasi melalui daftar putar khusus seperti Discover Weekly.

Hal itu memungkinkan pengguna membuat daftar putar podcast mereka sendiri, seperti yang dapat mereka lakukan dengan lagu favorit mereka. Daftar putar ini dirancang untuk menjangkau lebih banyak pendengar biasa atau bahkan pendengar podcast pertama kali.

Para pengguna mungkin tidak tahu podcast apa yang ingin mereka dengarkan, tetapi mungkin memiliki pilihan tentang kategori apa yang menarik bagi mereka. Alih-alih harus menelusuri deskripsi podcast atau mencicipi berbagai episode, pendengar malah dapat terlibat dalam pengalaman lean-back di mana mereka hanya menekan tombol play pada set episode yang diprogram sebelumnya.

Spotify juga akan melayani kreator podcast dengan fitur baru yang diluncurkan hari ini. Para musisi dapat menggunakan alat backend Spotify untuk menambahkan metadata ke trek mereka dalam mengategorikan podcast dengan lebih baik, kemudian mengirimkan lagu-lagu baru langsung ke editor Spotify untuk ditambahkan di dalam daftar putar.

Kedepan, Spotify juga akan memperkenalkan lebih banyak alat backend untuk para kreator podcast. Tujuannya adalah membantu mereka mendapatkan penggemar baru, termasuk notifikasi daftar putar yang akan memberi tahu pencipta tentang kapan mereka akan ditambahkan ke dalam daftar putar podcast di beranda Spotify.

Fitur serupa tersedia untuk musisi. Pemberitahuan akan memungkinkan kreator podcast untuk memanfaatkan daftar putar mereka dengan cepat, dengan mengunggah ke media sosial tentang podcast mereka yang berada di dalam jajaran playlist podcast utama.

Sebagai informasi, pengguna podcast mengalami pelonjakan angka yang signifikan sekitar 200 persen dibandingkan 2019. Daftar putar podcast baru Spotify telah diluncurkan hari ini di Amerika Serikat, Jerman, Swedia, Inggris, Meksiko, dan Brasil.

Terkait