Selama COVID-19, Supermaket di Inggris Hadirkan Opsi Belanja Lewat Telepon Bagi Lansia
Ilustrasi foto bahan kebutuhan pokok di supermarket habis (Photo by Mick Haupt on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Golongan yang paling rentan terinfeksi virus corona (SARS-CoV-2) ialah para orang tua yang sudah berumur. Hal itu tentu membuat banyak negara di dunia menaruh perhatian khusus bagi para lansia, agar dapat bertahan di tengah krisis ini.

Salah satu negara menaruh perhatian khusus bagi kalangan orang tua dan lansia adalah Inggris. Sejak Senin, 6 Maret lalu Pemerintah Inggris menyediakan opsi belanja kebutuhan sehari-hari bagi para lansia, melalui sambungan telepon.

Dilansir dari Huffington Post, sambungan telepon ke Supermarket untuk berbelanja cukup memudahkan bagi para lansia dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Para lansia ini tak harus direpotkan dengan opsi belanja daring, yang sejatinya diusulkan terlebih dahulu oleh pemerintah Inggris.

Menurut Sekretaris Lingkungan Inggris, George Eustine telah menyetujui supaya supermarket besar mulai memunculkan layanan pemesanan yang lebih memudahkan mereka mengakses kebutuhan para lansia. Tak hanya itu, Eustice juga meminta para pemilik gerai Supermarket menyediakan layanan antar (delivery) bagi mereka yang terpaksa melakukan isolasi mandiri.

"Pengecer kami telah mempunyai rencana darurat mapan dan mengambil semua langkah guna memastikan konsumen memiliki makanan dan pasokan yang mereka butuhkan," katanya Eustine.

“Kami telah mendengarkan supermarket dan perwakilan terkemuka kami dari seluruh industri, dan kami mengambil tindakan untuk mendukung persiapan mereka. Dengan mengizinkan pengiriman malam hari ke supermarket dan pengecer makanan kita, kita dapat membebaskan mereka untuk memindahkan stok mereka lebih cepat dari gudang mereka ke rak-rak mereka,” tambah Eustice.

Hal itu dimunculkan karena layanan pemesanan melalui telepon dipandang sebagai opsi yang lebih mudah, meskipun supermarket perlu sedikit waktu untuk menginstal sistem supaya siap.

Menariknya, opsi pemesanan lewat telpon juga didukung oleh beberapa badan amal seperti Age UK yang sudah berkordinasi layanan pengiriman kepada lansia. Mereka pun bekerja sama dengan beberapa supermarket maupun perorangan guna mendapatkan daftar belanja mingguan.

Melalui opsi ini diharapkan kepada para orang tua dan pensiunan yang telah berumur 80 tahun dapat melakukan physical distancing dengan nyaman di rumah, dalam rangka melindungi diri mereka dari COVID-19 yang semakin hari semakin banyak menelurkan kasus angka positif tertular.