Isyana Sarasvati dan NIKI Masuk Daftar 30 Under 30 Forbes Asia 2020
Isyana Sarasvati (Instagram @isyanasarasvati)

Bagikan:

JAKARTA - Forbes mengumumkan daftar 30 Under 30 Asia 2020, yang berisi 30 orang atau grup berusia di bawah 30 tahun dan dianggap berpengaruh bagi industri yang dilakoni. Di Indonesia, penyanyi Isyana Sarasvati dan NIKI (Nicole Zefanya) masuk ke dalam daftar ini. Sebelumnya, Isyana masuk ke daftar 30 Under 30 versi Forbes Indonesia.

Isyana Sarasvati baru saja melepas album terbarunya bertajuk Lexicon. Album ini menjadi salah satu kebahagiaan penyanyi ini karena ia mengaku Lexicon adalah kamus musik versinya. Penyanyi yang baru berumur 26 tahun ini sempat menampilkan seluruh lagu dalam Lexicon di Java Jazz 2020.

Jelas sekali lagu-lagu dalam album ini terdengar jauh dari trek-trek pop yang biasa Isyana bawakan. Dalam akun Instagram-nya, penyanyi kelahiran 2 Mei ini menyebutkan ada sebuah konser Lexicon yang masih dalam penggarapan.

Setelah Isyana, ada NIKI, penyanyi milik 88rising yang namanya sering melanglang buana beberapa tahun belakangan. Selain dikenal sebagai teman selabel Rich Brian, NIKI mulai menunjukkan taringnya dengan sejumlah rilisan lagu di kancah internasional. Ia pun menjadi idola baru penyanyi remaja saat usianya yang baru 21 tahun.

NIKI baru saja merilis lagu Switchblade dari fase MOONCHILD. Lagu ini akan menjadi pembuka album barunya yang belum diumumkan tanggal perilisannya. NIKI juga dijadwalkan tampil di festival Coachella tahun ini.

Harus diakui, industri hiburan di Indonesia belakangan ini sangat menarik dan beragam. Berbagai musisi mencoba menawarkan musik dengan konsep baru dan tidak mencoba menuruti selera masyarakat sehingga jauh lebih variatif. Mereka juga bersemangat dalam merilis proyek musik baik secara jalur label maupun non-label.

Di samping Isyana Sarasvati dan NIKI, nama-nama populer dari negara lain juga masuk ke dalam daftar ini. Antara lain, aktris Park So Dam dari Korea Selatan yang tampil impresif dalam film Parasite dan grup K-pop Twice yang mengukuhkan titel grup K-pop perempuan tersukses saat ini. Dengan berjuta-juta keping penjualan album dan tur dunia, Twice jelas pantas meraih titel tersebut.