Tim Coachella Buat Rumah Sakit Sementara untuk Pasien COVID-19
Ilustrasi festival Coachella (Twitter @coachella)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah acaranya dibatalkan, tim Coachella memutar otak agar tetap bisa bekerja dengan baik. Bukan membuat acara musik lain tentunya, melainkan membuat tenda triage serta rumah sakit sementara untuk korban terdampak COVID-19 atau virus corona. 

Sebelumnya, Coachella dijadwalkan hadir pada 10-12 April dan 17-19 April mendatang, tetapi di bulan Maret, tim memutuskan untuk menunda acara tersebut seiring merebaknya pandemi corona. Tanggal baru dikeluarkan yaitu 9-11 Oktober dan 16-18 Oktober. Selagi menunggu acara, tim Coachella menggunakan kapabilitasnya untuk membantu mememerangi penyebaran virus.

Tim produksi Choura Events dan Gallagher Staging adalah dua tim yang memegang kendali panggung-panggung besar festival musik seperti Coachella dan acara olahraga. Kali ini keduanya bersinergi dengan mengoptimalkan fasilitas mereka untuk membuat tenda dan rumah sakit sementara.

Mereka membuat fasilitas yang dibutuhkan di California untuk mengantisipasi bertambahnya pasien virus corona. “Kami mengubah dengan cepat menjadi tim bantuan yang cepat tanggap. Jika kami tidak tahu bagaimana mengelar Coachella (akibat pandemi), saya tidak bisa membuat rumah sakit ini,” kata Ryan Choura selaku pemilik Choura Events kepada The LA Times.

Inisiasi ini timbul ketika Choura melihat langsung bagaimana pasien COVID-19 berdatangan dan melihat kondisinya seperti apa, sehingga ia berniat untuk melakukan sesuatu. Sejauh ini, mereka telah membuat satu dari empat tempat medis yang direncanakan di Los Angeles.

Sementara itu, Gallagher Staging memberikan bantuan berupa pembuatan fasilitas untuk pasien, seperti kasur dan struktur rumah sakit di Bay Area. Rencananya, mereka akan menambah empat fasilitas serupa di Los Angeles.

“Kita berada di industri yang berjalan cepat dibandingkan siapa pun. Kita bisa membuat sebuah kota dalam keadaan kosong. Kita bisa membangun kota kecil dalam satu atau dua hari, dan itu apa yang dibutuhkan saat ini,” kata perwakilan Gallagher Staging.

Kedua perusahaan bahu-membahu memberikan yang terbaik agar bisa menekan cepatnya laju pertambahan pasien. Pembaruan terakhir, kasus virus corona di Amerika Serikat mencapai 245.373 kasus dengan 6.095 kematian dan 10.403 dinyatakan sembuh.

Di luar upaya memerangi COVID-19, Coachella akan merayakan usia ke-20 tahun dengan menayangkan dokumenter Coachella: 20 Years in the Desert. Dokumenter ini tayang secara gratis lewat kanal YouTube mereka pada 10 April mendatang.