Menggabungkan Sejumlah Aplikasi untuk Bantu Isolasi Diri di Masa Pandemi COVID-19
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggabungkan beberapa aplikasi penunjang masyarakat yang melakukan isolasi diri (self quarantine) dalam satu platform. 

Beberapa aplikasi tersebut adalah Gojek, Grab, Halodoc, Alodokter, dan Sobat Dokter. Gojek dan Grab adalah aplikasi jasa transportasi, pengantar makanan dan barang, hingga alat pembayaran tagihan. 

Sementara, Halodoc, Alodokter, dan Sobat Dokter merupakan aplikasi layanan konsultasi kesehatan dengan dokter via chatting yang memungkinkan pengguna bertanya langsung dan meminta resep ke dokter.

"Kerja sama ini untuk men-support pasien yang mau tinggal di rumah. Mereka akan ada dokter-dokter dari aplikasi-aplikasi startup ini yang memantau (kesehatan) mereka," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa, 24 Maret. 

Platform tersebut akan diluncurkan pekan ini. Kata Arya, platform ini berfungsi membantu masyarakat yang positif, dalam pemantauan, dan dalam pengawasan bisa melakukan isolasi diri di rumah tanpa rasa khawatir. 

Dengan banyaknya orang yang bisa melakukan isolasi diri di rumah, maka akan memaksimalkan peran tenaga medis yang menanagani pasien yang semestinya dirawat. 

"Dengan kita satukan semua platform yang ada ini, ketika ada orang yang mau isolasi sendiri di rumah, itu akan ada dokter yang akan membantu mereka. Nanti didaftarkan dan dilayani satu per satu," ungkap dia. 

Lebih lanjut, Arya juga menawarkan kepada dokter yang mau menjadi relawan untuk bergabung dalam platform ini. Mereka bisa mendaftarkan diri ke Halodoc, Alodokter, dan Sobat Dokter.

"Anda daftar saja ke sana sebagai relawan yang untuk bisa melayani para pasien. Jadi, tidak akan bisa dokter menumpuk di satu rumah sakit. Ini akan kita sebar, tidak hanya berlaku di Jabodetabek tapi seluruh Indonesia," imbuhnya.