Imbas Pandemi COVID-19, Musisi Minta Royalti Tiga Kali Lipat kepada Spotify
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Dengan dibatalkannya sejumlah acara musik dan festival terkait pandemik COVID-19 atau virus corona, para musisi berlomba-lomba memberikan sajian berbeda; proyek musik baru, acara streaming di rumah, atau mengingatkan penggemar akan bahaya corona seperti yang dilakukan Ariana Grande dan Taylor Swift. Namun langkah lain dipilih oleh Evan Greer, musisi asal Jamaika yang meminta Spotify membayar royalti hingga tiga kali lipat.

Lewat situs actionnetwork.org, Greer menuliskan kesulitan musisi setelah banyaknya tur dan festival yang dibatalkan. Ia juga menuliskan banyak musisi yang kehilangan pemasukan dan masa depan mereka tidak terlihat jelas. Greer membandingkan situs Bandcamp yang melakukan pengalangan dana dari apa yang mereka donasikan setiap pembelian atau unduh artis.

Laman petisi ini tidak menunjukkan siapa saja yang menandatangi petisi tersebut sehingga sulit untuk mengidentifikasi siapa yang merasakan kesulitan tersebut di samping Evan Greer.

Tetapi Spotify tidak melakukan apapun. Menurutnya, saat-saat seperti inilah perusahaan tersebut melakukan bagian pekerjaannya untuk membantu. Greer meminta Spotify untuk membuat kampanye ini permanen agar musisi yang hidup dari musik bisa terpenuhi dananya serta meminta 500 ribu dolar Amerika Serikat (AS) untuk Sweet Relief, sebuah badan amal di California yang memberikan bantuan keuangan kepada para seniman dan pekerja industri musik selama krisis virus corona.

Dilansir dari NME, Jumat, 20 Maret, perwakilan Spotify menjawab kepada The Guardian, “Ini adalah tantangan untuk komunitas kreator dan kami bekerja membantu mereka melalui dana bantuan COVID-19 MusiCares untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan.”

Menurut mereka, Spotify telah melakukan porsinya dalam membantu peningkatan musisi. Mereka mengklaim meningkatkan royalti hingga 44 persen melalui The National Music Publishers Association (NMPA). Mereka memang tidak pernah merilis berapa biaya yang dikeluarkan untuk membayar royalti artis di Spotify tetapi beberapa artis menyuarakan royalti yang semakin rendah beberapa waktu belakangan. 

Hal serupa pernah disampaikan Taylor Swift terkait royalti Spotify yang tidak sesuai dengan ketentuan dan saat itu ia memenangkan pertarungan tersebut.

Evan Greer adalah musisi sidestream Jamaika yang juga bekerja sebagai aktivis. Dilansir dari laman Spotify-nya, Greer merilis satu album pada 2019 bertajuk she/her/they/them.