Dream Theater Konser Lagi di Jakarta, Ini Harga Tiketnya
Dream Theater (Instagram @dreamtheaterofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Promotor Rajawali Indonesia kembali bikin kejutan. JogjaROCKarta edisi keempat belum juga digelar, mereka sudah mengumumkan rencana kedatangan dedengkot progressive metal Dream Theater. Ini semakin menegaskan bahwa 2020 adalah tahunnya rock dan metal.

Selain untuk mempromosikan album terbaru mereka Distance Over Time yang dirilis tahun lalu, James LaBrie dkk juga sedang merayakan usia ke-20 tahun album Metropolis Pt. 2: Scenes From A Memory. Album konseptual yang melahirkan balada hit The Spirit Carries On.

Rajawali Indonesia mengungkap rencana kedatangan James LaBrie dkk pada hari ini, Kamis, 30 Januari di media sosialnya. Selain memastikan konser akan digelar pada 16 April mendatang di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta, penyelenggara juga mengumumkan harga tiket konser tersebut.

Tiket yang disediakan penyelenggara terdiri dari dua kelas: Festival A dan Festival B, dengan tiga periode penjualan. 

Pre-sale akan dijual pada 8 Februari mulai jam 11.59 WIB dengan harga Rp700 ribu (Festival A) dan Rp400 ribu (Festival B). Berselang satu hari, reguler sale akan dibuka pada jam yang sama dengan harga Rp800 ribu (Festival A) dan Rp600 ribu (Festival B).

Bagi calon penonton yang tidak kebagian tiket pada pre-sale dan reguler sale, bisa membeli tiket di lokasi konser dengan harga Rp1,5 juta (Festival A) dan Rp900 ribu (Festival B).

Sekilas Dream Theater.

Dream Theater dibentuk di Amerika Serikat pada tahun 1985 di bawah nama Majesty oleh John Petrucci (gitar), John Myung (bass), dan Mike Portnoy (drum) ketika mereka mengenyam pendidikan di Barklee College of Music di Boston, Massachusetts.

Ketiganya lantas keluar dari studi mereka untuk berkonsentrasi lebih jauh pada band yang kemudian bernama Dream Theater. Meskipun mengalami perubahan formasi beberapa kali, tiga anggota orisinal tetap bersama sampai 8 September 2010, ketika Portnoy meninggalkan band. Mike Mangini menggantikan Portnoy sebagai drumer permanen baru pada 29 April 2011. 

Pada 1991, James LaBrie bergabung menggantikan Charlie Dominici sebagai penyanyi utama. Kibordis pertama Dream Theater, Kevin Moore, meninggalkan band setelah tiga album dan digantikan oleh Derek Sherinian pada 1995 setelah periode tur. Setelah satu album dengan Sherinian, band ini menggantikannya dengan kibordis Jordan Rudess pada 1999.

Hingga saat ini, Dream Theater telah merilis 14 album studio. Rilisan terlaris band ini adalah album kedua mereka Images and Words (1992), yang menempati No. 61 di tangga lagu Billboard 200. Album Awake (1994) dan Six Degrees of Inner Turbulence (2002) juga masuk tangga lagu, masing-masing di No. 32 dan No. 46 serta mendapatkan respons positif baik dari penggemar maupun pengamat musik.

Metropolis Pt. 2: Scenes from a Memory, yang akan menjadi perayaan konser Dream Theater di Indonesia, berada di peringkat 95 dari daftar 100 album gitar terhebat sepanjang masa versi majalah Guitar World edisi Oktober 2006. Album ini mendapat peringkat ke-15 sebagai Greatest Concept Album pada Maret 2003 dari Classic Rock Magazine. 

Per tahun 2018, Dream Theater sukses menjual lebih dari 12 juta rekaman di seluruh dunia dan telah menerima dua nominasi Grammy Award. Konser Dream Theater pada April mendatang merupakan konser keempat mereka di Indonesia. Sebelumnya, mereka tampil di MEIS Ancol (2012), Lapangan D Senayan (2014), dan JogjaROCkarta edisi pertama (2017).