Pelabuhan Patimban Didorong Rampung di April 2020
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Agraria, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang, Kazuyoshi Akaba. (Foto: Kementerian PUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono berkomitmen merampungkan jalan akses ke Pelabuhan Patimban pada April 2020. Dengan demikian, pelabuhan baru di Subang itu beroperasi sesuai target.

“Kami akan selesaikan pada April 2020, karena pada Mei-Juni 2020 Pelabuhan Patimban akan beroperasi,” ujar Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang dikutip VOI, Jumat 27 Desember.

Hingga November 2019, perkembangan pembangunan jalan akses sepanjang 8 kilometer yang terletak di samping pelabuhan Patimban ini telah mencapai 55,8 persen.

Selain itu Kementerian PUPR tengah mempersiapkan pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Pelabuhan Patimban dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 29,8 kilometer dari eksiting Subang.

Saat ini sudah ada pemrakarsa Akses Tol Pelabuhan Patimban yakni konsorsium antara PT Jasa Marga, PT Surya Semesta Internusa, PT Daya Mulia Turangga dan PT Jasa Sarana dengan nilai investasi sekitar Rp 6,35 triliun.

Sementara itu Menteri Agraria, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang, Kazuyoshi Akaba mengatakan pihaknya sangat berharap agar jalan akses tersebut dapat selesai tepat waktu.

Menurut Akaba, penyelesaian jalan akses itu penting untuk segera dirampungkan karena banyak perusahaan Jepang tertarik untuk memanfaatkan Pelabuhan Patimban sebagai kegiatan ekspor-impor.