أنشرها:

JAKARTA - Georgia membuat kejutan di Euro 2024. Tampil untuk kali pertama di Piala Eropa, Georgia langsung lolos ke fase gugur. Portugal membantu meloloskan Georgia setelah menyerah 2-0 di pertandingan terakhir Grup F di Stadion Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Kamis, 27 Juni 2024 dini hari WIB.

Portugal yang sudah lolos ke babak 16 besar tidak menurunkan skuat terbaik. Hanya, kapten Cristiano Ronaldo tetap memimpin Portugal.

Meski tetap mengandalkan eks bintang Manchester United dan Real Madrid ini, Portugal masih kesulitan menembus pertahanan Georgia.

Sebaliknya, Georgia mampu mencetak dua gol penting di pertandingan itu. Mereka pun meraih kemenangan pertama di penyisihan grup yang membawa tim asuhan Willy Sagnol ke fase gugur.

Georgia pun mencetak sejarah karena mereka baru pertama kali tampil di Piala Eropa. Sebelumnya, Georgia selalu kandas di babak kualifikasi. Mereka mulai mengikuti babak kualifikasi sejak Euro 2016. Pasalnya, Georgia masih menjadi bagian dari Uni Soviet.

Saat berhasil lolos ke putaran final, Georgia langsung mengukir prestasi mengesankan. Kemenangan atas Portugal menjadikan Georgia menduduki peringkat tiga dengan poin empat.

Sementara, Portugal yang memiliki poin enam tetap tampil sebagai juara grup. Sama dengan Turki yang mengalahkan Rep. Ceko 2-1. Hanya, Turki kalah selisih gol sehingga menempati peringkat dua

Georgia sendiri tetap lolos ke 16 besar. Mereka menjadi salah satu tim dengan peringkat tiga terbaik sehingga berhak mendampingi Portugal dan Turki di fase gugur.

Di pertandingan itu, Georgia membuat gebrakan lewat gol cepat. Serangan yang dibangun saat pertandingan baru berjalan dua menit sukses membobol gawang Portugal.

Gol dihasilkan Khvicha Kvaratskhelia yang menyambut umpan dari Georges Mikautadze. Tendangan kaki kiri pemain depan Napoli ini menaklukkan kiper Diogo Costa.

Tertinggal lewat gol cepat tak menurunkan semangat pemain Portugal. Mereka menunjukkan dominasi meski tak tampil dengan skuat terbaik.

Ya, pelatih Roberto Martinez tetap memainkan kapten Cristiano Ronaldo yang kali ini berduet dengan Joao Felix. Namun Martinez membangkucadangkan sebagian pemain pilar seperti Bruno Fernandes, Bernardo Silva dan bek veteran Pepe.

Portugal sendiri sudah lolos ke babak 16 besar sehingga Martinez memilih merotasi pemain. Dirinya juga memberi kesempatan sejumlah pemain yang sebelumnya lebih banyak duduk di bench.

Meski demikian, Portugal tetap menguasai permainan. Bahkan ball possession Portugal mencapai 80%.

Hanya saja, serangan mereka kurang efektif sehingga Portugal tak bisa mengejar ketinggalan gol. Sampai akhir babak pertama, skor tetap 1-0 untuk Georgia.

Memasuki babak kedua, Portugal tak menurunkan tempo permainan. Hanya, mereka masih kesulitan menembus pertahanan kokoh Georgia.

Sebaliknya, Georgia kembali mencetak gol cepat. Di menit 57, Georgia memperbesar keunggulan dari titik penalti. Ini berawal dari pelanggaran bek Antonio Silva yang menjatuhkan Luka Lochoshvili di kotak terlarang.

Wasit Sandro Schaerer sempat meninjau insiden itu lewat VAR sebelum memastikan penalti. Mikautadze pun menuntaskan eksekusi dengan baik.

Skor 2-0 untuk Georgia sekaligus merupakan gol ketiga Mikautadze di Euro 2024. Sebelumnya, striker klub Ligue 1 Perancis Metz ini mencetak gol juga dari titik penalti saat bermain imbang 1-1 melawan Ceko.

Portugal tetap menekan Georgia. Ditariknya Ronaldo untuk digantikan Goncalo Ramos tak menurunkan serangan Selecao das Quinas.

Hanya, upaya mereka tak pernah membuahkan hasil. Skor dua gol untuk Georgia bertahan sampai akhir laga.

Kedua tim pun lolos ke fase gugur. Di 16 besar, Georgia sudah harus bertemu lawan tangguh, Spanyol.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)