Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, resmi mengesahkan regulasi anyar soal pemain asing untuk Liga 1 2024/2025. Hal tersebut disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu, 26 Juni 2024.

Pada pertemuan tersebut, ada beberapa keputusan dan kesepakatan yang didapatkan. Salah satunya terkait pengesahan regulasi pemain asing untuk musim baru yang berjumlah delapan orang.

Terkait jumlah pemain asing yang bertambah, PT LIB mengatakan tak ada aturan soal kriteria negara sang pemain berasal atau bebas.

"Regulasi pemain, berdasarkan yang sudah ditetapkan, ada delapan pemain asing. Baik itu Asia atau non-Asia," kata Ferry Paulus dalam keterangan seusai agenda RUPS.

Meski tak memberikan aturan soal asal negara pemain asing, Ferry Paulus menjelaskan ada aturan yang mesti ditaati klub soal pemain asing ketika di lapangan.

Dari delapan pemain asing itu, hanya boleh ada enam pemain yang turun ke lapangan atau ketika bermain bersama. Sisanya, harus berada di bangku cadangan.

Bila pemain asing yang bermain harus diganti, pihak klub diizinkan untuk memasukkan pemain asing juga. Karena itu, delapan pemain asing ini boleh masuk dalam daftar susunan pemain (DSP).

"Delapan-delapannya (pemain asing) ada di DSP dan bisa main enam. Itu semua bebas, boleh Asia semua atau non-Asia semua."

"Jadi, nantinya di bench ada 23 pemain, asing berganti asing. Misal delapan pemain asing di DSP, enam pemain asing main, nah, si pemain asing ini berganti dengan asing yang lain," tutur Ferry.