أنشرها:

NTB - Pantai Gerupuk, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami abrasi.

Kepala BPBD Lombok Tengah, Ridwan Maruf mengatakan, abrasi di pesisir pantai Gerupuk tersebut akibat hantaman ombak yang cukup keras, sehingga tembok pembatas rumah warga dan talud dengan bibir pantai rusak.

"Anggota telah turun melakukan pengecekan," katanya di Praya, NTB, dikutip dari Antara, Senin 31 Oktober.

Dia mengtakan, petugas masih melakukan pengecekan dan kondisi dari dampak abrasi yang terjadi. Begitu juga dengan pendataam jumlah rumah atau bangunan yang terdampak.

"Untuk data rumah yang terdampak belum, petugas masih melakukan pendataan," imbuhnya.

Selain itu, BPBD Lombok Tengah saat ini telah melakukan koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) NTB, sehingga kerusakan abrasi tersebut bisa ditangani. dan warga tidak perlu mengungsi.

"Kita telah bersurat atas abrasi tersebut," katanya.

Dia menyebutkan, kawasan Pantai Gerupuk belum terpasang tanggul pemecah ombak. Dia berharap pemerintah pusat segera memberikan uluran tangan agar alat tersebut segera terpasang untuk mencegah abrasi.

"Kondisi keuangan daerah masih terbatas, sehingga kita berharap kepada pemerintah pusat atau provinsi NTB," tuturnya.

Beberapa izin bangunan yang ada di sepanjang pantai tersebut juga akan dilakukan evaluasi bersama dinas terkait, supaya tidak ada bangunan yang terlalu dekat dengan bibir pantai.

"Izin bangunan kita akan evaluasi, apakan dekat dengan pantai atau tidak," tandasnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)