أنشرها:

YOGYAKARTA - Membangun rumah merupakan Impian bagi semua orang, dan saat membangunnya agar rumah itu nyaman kalian perlu tahu ukuran kamar tidur yang ideal. Yuk kita bahas!

Perihal ini pantas diperhitungkan, karena dimensi kamar bisa mempengaruhi kenyamanan dan kualitas tidur seseorang. Andai terlalu kecil, kamar tidur bakal terasa pengap serta sempit sehingga menghalangi ruang gerak pemiliknya.

Tidak hanya itu, bila ukuran kamar tidur terlalu kecil, maka tidak bakal mampu menampung bermacam-macam perabot yang diperlukan. Keadaan ini membuat kalian tidak bisa mendesain kamar tidur sesuai kemauan. Lalu, berapa ukuran ideal kamar tidur? Berikut acuannya.

Berapa Ukuran Kamar Tidur yang Ideal?

Pada dasarnya, dimensi kamar tidur yang sempurna bakal menyesuaikan dengan total lahan rumah yang ada. Tetapi, ada beberapa ukuran kamar tidur yang kerap jadi referensi serta dipakai oleh masyarakat, yaitu:

I. Ukuran Kamar Tidur 3×3 Meter

Bila rumahmu terbilang mungil, dimensi standar kamar tidur yang dapat dipakai yaitu 3×3 m ataupun 9 m persegi. Dimensi 3×3 m buat kamar tidur bahkan termasuk dalam dokumen Dasar-dasar Rumah Sehat, yang diterbitkan oleh Kementerian PUPR tahun 2017.

Tapi jangan khawatir karena kalian bisa mensiasatinya dengan “Tips Mendesain Kamar Tidur yang Sempit Jadi Terlihat Luas”.

II. Ukuran Kamar 3×3, 5 Meter

Sedikit lebih lega dibanding dimensi sebelumnya, kamar 3×3,5 m dapat diterapkan di rumah-rumah minimalis seperti hunian jenis 36. Bila bingung dalam memastikan ukuran dengan pas, kalian bisa memakai kamar tidur dengan ukuran 120×200 centimeter.

Ukuran kamar 3×3,5 m cukup luas, karena dapat menampung satu ranjang, lemari ukuran sedang, dan meja belajar berdimensi kecil.

III. Ukuran Kamar Tidur 3×5 Meter

Berikutnya, terdapat ukuran kamar tidur 3×5 m. Dimensi kamar ini terbilang lebih lega, sehingga secara otomatis kalian dapat menaruh bermacam perabotan di dalamnya. Dimensi kamar tidur 3×5 m malah dianggap ideal buat master bedroom, yang dapat menyimpan ranjang jenis queen ataupun king size.

Beberapa furnitur lain yang dapat ditaruh di dalam kamar ini yaitu lemari besar, meja belajar, serta meja rias.

IV. Ukuran Kamar Tidur 4×4 Meter

Ukuran kamar ideal selanjutnya yaitu 4×4 m. Sebab terlihat simetris, kalian bisa menata kamar tidur tersebut secara mudah. Apalagi, ukuran kamar tidur ini bisa pula ditempati oleh 2 orang, lho.

Dengan ruang yang cukup, ukuran kamar tidur ini dapat menampung lemari besar, meja kerja, serta furnitur lain yang diperlukan.

V. Ukuran Kamar Tidur 4×6 Meter

Terakhir, ada ukuran ideal kamar tidur dengan ukuran 4×6 m. Ukuran 4×6 m dianggap jadi ukuran standar kamar tidur yang baik, dan termasuk ke dalam ukuran kamar tidur mewah.

Ukuran kamar tidur ideal tersebut dapat menyimpan bermacam perabotan, semacam tv, 2 lemari, meja kecil, serta meja rias. Ukuran kamar ideal ini dapat kalian temukan di hunian-hunian berkelas serta elit, semacam Casa Valli di Tangerang. Dengan total luas bangunan 78 m persegi, Casa Valli mempunyai kamar tidur dengan dimensi yang pas.

Apa Saja yang Harus Ada di Kamar Tidur?

semestinya kamar tidur dibuat senyaman mungkin dan dilengkapi benda-benda yang bisa menunjang aktivitas penghuninya. Ada sederet barang yang hendaknya dipunyai di kamar tidur buat memaksimalkan peranan ruangan tersebut.

Melansir dari The Spruce, berikut ini benda-benda yang harus ada di kamar tidur supaya dapat istirahat dengan nyaman dan menunjang bermacam-macam aktivitas.

  • Karpet.
  • Tempat Penyimpanan
  • Jam Alaram
  • Seprei& Sarung Bantal.
  • Meja Nakas.
  • Lampu Tidur.
  • Cermin
  • Matras.
  • Bantal.
  • Bingkai Tempat Tidur.
  • Gorden.

Jadi setelah mengetahui ukuran kamar tidur yang ideal, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)