YOGYAKARTA - Manajemen keuangan yang baik adalah inti dari setiap bisnis, tidak peduli seberapa besar atau kecil perlu memperhatikan yang namanya cara mengatur uang hasil jualan. Tanpa itu, bahkan bisnis yang layak dan berpotensi menguntungkan akan gagal.
Berdasarkan penelitian, setiap tahun di Inggris, sekitar 400.000 bisnis baru memulai perdagangan, tetapi hanya dua pertiga dari mereka yang masih dalam bisnis dalam waktu tiga tahun dan hanya setengahnya yang tersisa setelah lima tahun.
Untuk sebagian besar bisnis tersebut, bukan kurangnya pelanggan atau produk atau layanan berkualitas buruk yang bertanggung jawab atas kematian mereka – ini hanya kekurangan uang tunai.
Keputusan keuangan penting harus dibuat sejak awal. Tidak ada periode bedding-in.
Sementara beberapa pemilik usaha kecil mungkin memiliki pengalaman sebelumnya menjalankan bisnis atau memiliki literasi keuangan yang kuat, banyak yang benar-benar pemula.
Saat itulah membayar untuk memiliki sumber daya untuk beralih ke yang akan memandu Anda melalui keputusan awal yang penting dan tugas keuangan yang akan Anda hadapi.
Panduan untuk mengelola keuangan usaha kecil ini ditulis untuk mereka yang memiliki pengalaman keuangan bisnis terbatas.
Ini untuk Anda yang telah memiliki ide dan memutuskan untuk mengejarnya, tetapi sekarang membutuhkan sedikit bantuan untuk mengelola keuangan Anda secara efektif.
Cara Mengatur Uang Hasil Jualan
Mengelola dan Melacak Arus Kas Usaha Kecil
Arus kas didefinisikan sebagai uang yang masuk dan keluar dari bisnis Anda selama periode tertentu.
Uang tunai masuk dan keluar dari bisnis Anda terus-menerus. Itu datang ke bisnis sebagai 'pendapatan' dari pelanggan dan klien yang membeli produk dan layanan Anda. Itu mengalir keluar dari bisnis dalam bentuk 'pengeluaran', seperti sewa, upah, pembayaran pinjaman bulanan, pembayaran kepada pemasok, dll.
Arus Kas Positif
'Arus kas positif' yaitu ketika Anda menerima lebih banyak pendapatan daripada yang Anda bayarkan dalam pengeluaran, harus dipertahankan jika Anda ingin tetap berbisnis. Jika Anda memiliki arus kas positif, bisnis Anda akan dapat membayar tagihannya saat jatuh tempo dan memenuhi biaya tak terduga.
Arus Kas Negatif
Mungkin ada periode di mana Anda mengalami 'arus kas negatif', misalnya, jika Anda membeli mesin baru atau pembayaran dari pelanggan terlambat. Secara potensial, Anda mungkin harus mengandalkan cerukan bank atau pinjaman jangka pendek untuk menutupi kekurangan arus kas ini. Namun, selama arus kas negatif telah direncanakan dan bisnis Anda kembali ke posisi arus kas positif, hal itu seharusnya tidak menimbulkan masalah serius bagi bisnis kecil Anda.
Arus kas biasanya dilacak selama periode pelaporan standar seperti satu bulan, seperempat atau satu tahun.
Mengapa Arus Kas begitu Penting untuk Usaha Kecil?
Arus kas sangat penting untuk keberhasilan bisnis kecil Anda.
Kurangnya uang tunai adalah salah satu alasan paling umum mengapa bisnis gagal. Bahkan bisnis yang paling sukses pun dapat dengan cepat menemukan diri mereka dalam masalah jika uang mereka terikat pada faktur yang terlambat atau belum dibayar dan mereka tidak dapat lagi membayar tagihan mereka.
Salah satu periode paling sulit untuk arus kas adalah di hari-hari awal bisnis Anda. Saat Anda sibuk menyiapkan bisnis, Anda akan memiliki banyak pengeluaran tetapi tidak ada klien atau pelanggan untuk menciptakan aliran pendapatan. Itulah mengapa sangat penting Anda mempertimbangkan situasi arus kas Anda sejak awal dan memastikan Anda memiliki sumber kas sementara seperti tabungan atau cerukan untuk membuat Anda terus berjalan sambil menunggu uang mulai mengalir masuk.
Mengawasi arus kas juga sangat penting untuk bisnis musiman. Jika Anda memiliki fluktuasi pendapatan yang besar pada waktu yang berbeda dalam setahun, Anda harus melacak dan mengelola arus kas Anda dengan hati-hati. Meskipun mengelola arus kas dalam jenis bisnis ini bisa rumit, itu bisa dilakukan, dan kami akan menunjukkan caranya.
Bagaimana Mengelola Arus Kas Usaha Kecil Anda
Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bisnis Anda tidak kehabisan uang dan gagal?
(1) Buat Laporan Arus Kas dan Perkiraan
Cara terbaik untuk mengawasi arus kas masuk dan keluar dari bisnis Anda adalah dengan membuat laporan dan perkiraan arus kas. Dokumen keuangan yang sangat sederhana ini akan memberi Anda gambaran tentang arus kas bulanan Anda yang sebenarnya dan perkiraan arus kas bulanan Anda.
Saat ini, perangkat lunak akuntansi Anda harus memiliki laporan arus kas sebagai salah satu laporan standarnya. Namun, jika tidak, dokumen-dokumen ini sangat mudah dibuat sendiri dan tidak memerlukan pengalaman akuntansi sebelumnya sama sekali. Templat arus kas sederhana dan artikel pendamping yang dilansir VOI dari Asosiasi Akuntan Bersertifikat Chartered ini mencakup semua yang perlu Anda ketahui.
(2) Pikirkan tentang Ketentuan Pembayaran Anda
Langkah besar lainnya dalam mengelola situasi arus kas bisnis kecil Anda adalah memilih persyaratan pembayaran yang sesuai. Banyak bisnis yang menjual langsung ke pelanggan akhir mengambil pembayaran segera. Misalnya, sebuah restoran dibayar setelah pelanggan selesai makan, sementara tukang ledeng atau tukang listrik akan mengharapkan untuk dibayar segera setelah pekerjaan mereka selesai.
Namun, bisnis yang menjual ke bisnis lain sering menawarkan kredit dalam bentuk jangka waktu pembayaran 7, 14, 30, 60 atau bahkan 90 hari.
Memberikan kredit kepada pelanggan dan klien dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik bisnis baru dan membangun kepercayaan, tetapi juga akan berdampak langsung pada arus kas Anda.
Menawarkan jangka waktu pembayaran 60 hari mungkin menarik bagi pelanggan yang akan dapat 'membeli sekarang dan membayar nanti', tetapi bagaimana Anda akan beroperasi sambil menunggu pembayaran dilakukan?
Ada juga masalah pembayaran terlambat yang terus-menerus untuk dipikirkan. Pembayaran yang terlambat adalah penyebab utama masalah arus kas, jadi ada baiknya memikirkan bagaimana Anda akan mendorong pelanggan Anda untuk membayar tepat waktu.
Ada beberapa strategi yang dapat Anda pertimbangkan, seperti membebankan bunga atas pembayaran yang terlambat, menawarkan diskon pembayaran lebih awal untuk memberi insentif kepada pelanggan agar melakukan pembayaran cepat atau memberlakukan persyaratan pembayaran 'jatuh tempo pada tanda terima'.
(3) Pilih dengan siapa Anda berbisnis dengan sangat hati-hati
Sebagai bisnis kecil, Anda harus selektif tentang siapa Anda bekerja dan memeriksa prospek baru sebelum Anda setuju untuk bekerja dengan mereka. Menolak kontrak baru yang potensial berdasarkan pemeriksaan kredit tentu tidak mudah, dibutuhkan tekad yang kuat, tetapi itu bisa menjadi hal terbaik yang Anda lakukan untuk bisnis Anda.
Bayangkan saja apa yang akan terjadi pada situasi arus kas jika Anda menghabiskan satu bulan memenuhi pesanan untuk satu pelanggan, hanya untuk mereka menerima barang dan menolak untuk membayar.
Anda dapat mengambil tindakan hukum untuk memulihkan uang yang Anda miliki, tetapi itu akan mahal dan memakan waktu.
Selama waktu itu, bagaimana Anda akan berfungsi tanpa bisa membeli saham baru, membayar tagihan atau membayar gaji karyawan?
Agen kredit seperti Creditsafe dan Experian memungkinkan Anda untuk secara instan memeriksa kredit perusahaan secara online.
Jika Anda melihat bahwa bisnis tersebut memiliki riwayat kredit yang kurang sempurna, Anda mungkin memutuskan untuk tidak memberi mereka kredit atau bahkan memilih untuk tidak bekerja sama dengan mereka.
Memantau aktivitas kredit individu kunci yang terlibat dalam perusahaan juga dapat bermanfaat.
Jika mereka telah dikaitkan dengan organisasi lain yang telah gagal atau menjadi direktur beberapa perusahaan pada saat yang sama, mungkin lebih baik untuk menjauh.
(4) Tetapkan harapan dan buat kedap air
Dengan asumsi pelanggan baru memiliki catatan kredit yang sangat baik dan Anda senang untuk memasok barang atau jasa Anda, Anda sekarang harus memastikan mereka memahami persyaratan di mana Anda setuju untuk melakukan bisnis.
Meskipun pertukaran lisan mungkin digunakan untuk menyetujui syarat pembayaran Anda, Anda harus memastikan bahwa itu ditindaklanjuti dengan syarat dan ketentuan pembayaran yang ketat secara tertulis.
Itu harus mencakup semuanya, mulai dari persyaratan pengiriman hingga apa yang akan terjadi jika Anda tidak dibayar.
Menulis persyaratan pembayaran Anda mungkin terdengar memakan waktu, tetapi tergantung pada sifat bisnis Anda, Anda mungkin menemukan bahwa seperangkat persyaratan dan ketentuan standar tersedia secara online yang mencakup semua detail yang diperlukan.
(5) Kenali orang-orang di balik pembayaran
Untuk mengurangi kemungkinan keterlambatan pembayaran, selalu bermanfaat untuk membangun hubungan dengan individu yang akan melakukan pembayaran.
Memeriksa bahwa faktur telah dikirim ke tempat yang tepat dan semua detail yang diperlukan sudah benar akan membantu mengurangi penundaan.
Saat mengirimkan faktur, ada baiknya juga menanyakan apakah ada alasan mengapa pembayaran tidak dilakukan tepat waktu, karena kebanyakan orang akan melakukan semua yang mereka bisa untuk tidak menarik kembali kata-kata mereka.
Jadi setelah mengetahui cara mengatur uang hasil jualan, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!
另请阅读:
The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)