Mantan Plt Sekjen Pindah ke PSI, PKP: Terima Kasih, Selamat Berjuang!

JAKARTA - Sekjen Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Said Salahudin, merespons pindahnya mantan Plt Sekjen PKP Takudaeng Parawansa ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Menurutnya, setiap warga negara mempunyai hak untuk menuangkan pikiran secara lisan maupun tulisan. Hal itu, kata dia, adalah jaminan konstitusi kepada setiap warga negara.

"Berangkat dari jaminan itu maka tidak ada seorang pun di republik ini yang bisa membatasi apalagi menghalangi setia warga negara untuk menentukan pilihan politiknya," ujar Said kepada VOI, Jumat, 29 Oktober.

Dalam kerangka menghormati hak warga negara itu, Said menganggap bahwa berpindahnya seseorang dari partai ke partai lain sebagai suatu hal yang harus dihormati sebagai sebuah pilihan politik.

"Tentu yang bersangkutan punya alasan tertentu yang membawanya pada pilihan politiknya hari ini. Jadi saya hormati dan tidak boleh sama sekali kita anggap sebagai suatu yang salah, kembali pada pribadi masing-masing," katanya.

Said menjelaskan, berpindahnya Takudaeng alias Keke Parawansa ke PSI tidak akan mempengaruhi kesolidan pengurus PKP saat ini. Pasalnya, Keke tidak masuk dalam struktur kepengurusan periode yang dipimpin ketua umum Yussuf Solichin.

"Begini kan sejak munaslub Mei 2021 telah terjadi perubahan pengurusan di dewan pimpinan nasional. Di kepengurusan yang baru ini memang ibu Keke tidak bergabung dalam struktur artinya beliau sudah tidak lagi terikat pada tanggung jawab sebagai pengurus PKP," jelasnya.

Karena itu, Said menilai berpindahnya Keke ke PSI atau partai lain adalah hal yang wajar. Dia pun berterimakasih atas dedikasi Keke selama di PKP sembari mendoakan kesuksesannya di rumah partai yang baru.

"Saya kira hal ini biasa saja terjadi di banyak parpol lain. Bahkan bahkan ada ketum yang sudah pindah partai," kata Said.

"Saya mengucapkan selamat berjuang ditempat yang baru dan menghormati setiap sikap politik dari mereka yang pernah ikut memberikan kontribusi bagi partai. Saya ucapkan terima kasih dan selamat berjuang. Mudah- mudahan di tempat yang baru bisa memberikan manfaat," demikian Said Salahudin.

Diketahui, mantan plt sekjen Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Takudaeng Parawansa, bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Perempuan yang biasa disapa Keke Parawansa itu beralasan bergabung dengan PSI yakni partai tersebut diisi anak-anak muda yang energetik. “Saya melihat harapan besar di PSI dalam memperbaiki Indonesia,” kata Keke saat diperkenalkan di Basecamp DPP PSI, Rabu, 27 Oktober.

Keke diperkenalkan langsung oleh Plt Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha. Bergabung di PSI, Keke ditugaskan di DPP PSI sebagai direktur Bidang Tata Kelola, Infrastruktur, dan Sanitasi.

Untuk diketahui, sebelumnya dikabarkan Sutiyoso pindah ke partai NasDem. PKPI sendiri berganti nama menjadi PKP sejak September 2021 lalu.