Pengakuan André 3000 tentang Sulitnya Fokus Bikin Musik

JAKARTA - André 3000 baru-baru ini menceritakan perjuangannya membuat musik. Anggota OutKast itu mengaku sulit fokus dan kehilangan kepercayaan diri dalam membuat proyek solo.

Ini bukan berarti Andre malas. Karena faktanya, penyanyi bernama asli André Lauren Benjamin ini cukup sering kolaborasi dengan musisi lain. Di antaranya bersama penyanyi James Blake dalam lagu Where’s The Catch? dan Anderson .Paak untuk lagu Come Home pada tahun ini. Meskipun demikian, André tidak memiliki niatan untuk membuat musik baru untuk dirinya sendiri.

>

Dalam sebuah episode di acara Broken Record Podcast bersama Rick Rubin, André mengaku tidak membuat banyak musik. “Fokus saya tidak di sana, kepercayaan diri saya tidak ada di sana,” kata dia. André juga menjelaskan, belakangan ini ia terlalu banyak berpikir untuk membuat musik secara serius.

André mengaku, ia memikirkan musiknya dengan analisis yang kritis dan hiperbolik. Hal tersebut menjadi salah satu faktor mengapa ia tidak terlalu fokus membuat musik dibandingkan mengisi kolaborasi. Ia kadang merasa diserang, baik secara baik atau pun buruk. Alhasil, dirinya tidak memiliki kepercayaan diri atau eksperimen yang biasa ia lakukan dulu.

“Saya bisa menghampiri piano dan hanya duduk dengan iPhone saya dan merekam apa yang saya lakukan. Memindahkan jari saya dan apa pun itu,” katanya.

André juga masih bertanya tentang bagaimana dirinya menjalani hal tersebut. Tidak ada motivasi yang bisa menyentuhnya untuk membentuk sebuah proyek serius.

“Saya hanya mencoba mencari tahu apa yang membuat saya merasakan yang terbaik saat ini. Apa yang membuat saya terbaik ketika saya melakukan hal-hal acak dengan instrumen. Mereka membuat saya merasa paling pemberontak,” lanjutnya, dilansir dari NME.

Pada pertengahan tahun ini, seorang seniman Los Angeles, Thurz sempat mengklaim adanya kolaborasi antara André 3000 dengan Dr Dre. Namun sampai akhir tahun, rumor tersebut tidak terbukti.

André 3000 terakhir kali merilis sebuah lagu di Soundcloud berjudul Me&My (To Bury Your Parents) serta sebuah album mini bertajuk Look Ma No Hands  berdurasi 17 menit pada tahun lalu.