Megawati Minta Calon Kepala Daerah dari PDIP Tak Berleha-leha

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah memberikan rekomendasi kepada pasangan calon kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada 2020. Kepada mereka, Megawati berpesan agar kader yang dipilihnya tidak berleha-leha apalagi perjuangan masih akan terus berlangsung.

"Tidak bisa kita hanya berleha-leha saja. 'Oh, sudah ada rekomendasi di tangan saya'. Tidak bisa. Sepenuhnya harus terus dilakukan dengan kerja keras," kata Megawati saat memberikan arahan kepada pasangan calon kepala daerah yang disiarkan secara daring, Jumat, 17 Juli.

Dia kemudian meminta 45 pasangan calon kepala daerah segera turun ke lapangan dan bertemu dengan masyarakat. Tujuannya, untuk mengambil hati masyarakat di daerah pemilihannya masing-masing.

Lebih jauh, Mega mengatakan perintahnya untuk para calon kepala daerah turun ke masyarakat bukan hanya demi memenangkan Pilkada 2020 tapi juga memenangkan Pemilu di tahun 2024 mendatang.

"Saya sebagai ketua umum (mengatakan, red) kita harus mencapai kemenangan cukup besar. Bukan sampai di sini saja, kita masih punya kerja keras sebagai partai yang harus kita laksanakan yaitu Pilkada dan Pemilu 2024," tegasnya.

Demi mempersiapkan kader yang mumpuni sebagai calon kepala daerah, Mega memerintahkan mereka untuk mengikuti sekolah partai meskipun saat ini ada pandemi COVID-19. "Nanti dapat dilakukan secara online," ungkapnya.

"Dengan demikian kita berharap dapat menghasilkan pemimpin yang mumpuni dan selalu mengayomi rakyatnya," imbuhnya.

Sementara Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya memasang target sebanyak 60 persen di dalam Pilkada 2020. "Berdasarkan kongres yang ke-5 di mana saat itu dibentuk komisi pilkada maka kami menargetkan sebanyak 60 persen sebagai target kemenangan pilkada pada tahun 2020 ini," ungkapnya.

Sementara saat disinggung soal strategi pilkada, dia mengatakan gotong royong menjadi strategi utama bagi partai berlambang moncong putih tersebut untuk memenangkan ajang pemilihan kepala daerah tersebut.

"Pada prinsipnya PDI Perjuangan adalah partai yang menempuh jalan ideologi dengan semangat gotong royong. Jadi strategi berdasarkan semangat gotong royong itulah yang kami kedepankan," kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani membacakan nama calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di 45 wilayah yang akan maju di Pilkada serentak 2020 pada 9 Desember mendatang. 

Pengumuman tersebut dilaksanakan secara daring di Kantor Pusat DPP PDI Perjuangan di Jakarta Pusat, Jumat, 17 Salah satu calon yang diumumkan adalah Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang maju di Pilwalkot Solo.

"Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dengan Teguh Prakosa," kata Puan saat membacakan keputusan tersebut.

Pembacaan rekomendasi itu diikuti oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris PDIP Hasto Kristiyanto serta petinggi partai lainnya.