Kemenkominfo Fasilitasi Media Meliput PON XX Papua, Berikut Rinciannya

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, mendukung penuh penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang akan dilaksanakan pada 2-15 Oktober mendatang. Di antaranya, memfasilitasi perizinan untuk penyiaran, menyedikan media center, dan internet serta melaksanakan sosialisasi acara tersebut.

"Dukungan Kemkominfo dalam hal ini Dirjen IKP adalah mengampanyekan digital, promosi media, dan dukungan media center berdasarkan klaster," ujar Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo, Usman Kansong, dalam konferensi pers secara daring, Jumat, 10 September.

 

Lebih lanjut, Usman mengatakan Kemenkominfo akan mengadakan tiga media center untuk PON XX Papua. Pertama, di Kabupaten Jayapura, berlokasi di ballroom hotel Grand Alison Sentani, dengan kapasitas 100 awak media terdaftar yang beroperasi mulai 20 September sampai 15 Oktober. 

 

"Kedua, di Kabupaten Mimika yang lokasinya di ballroom hotel Grand Mozard Timika, kapasitas 50 awak media terdaftar, operasional mulai 20 September sampai 15 Oktober 2021," katanya.

 

Kemudian, ketiga, untuk kabupaten Merauke berlokasi di gedung perpustakaan Merauke, dengan kapasitas 50 awak media terdaftar operasional 26 September sampai 15 Oktober.

 

"Wartawan yang meliput di lokasi itu bisa menggunakan media center untuk berbagai kegiatan, peliputan penulisan naskah ataupun mengirimkan ke kantor pusat masing-masing," jelas Usman.

 

Sementara bagi media di Jakarta atau daerah yang tidak meliput di lokasi, tambah Usman, Kemkominfo menyedikan konten-konten untuk dikutip di infopublik.co.id. Kemkominfo juga akan menyediakan microsite PON XX Papua.

 

"Jadi kalau media yang satu lain hal tidak mengirim reporter ke sana bisa mengambil berita dari microsite di infopublik.co.id. Kami akan menyediakan dalam bentuk teks dan video. Source dari tim peliputan Kemenkominfo," pungkasnya.