Komando Pertama Menpora Selaku Ketua INAFOC: Perintahkan PSSI Terus Kejar FIFA soal Stadion

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memegang komando persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Dia ditunjuk langsung Presiden Jokowi menjadi Ketua Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC) untuk menyukseskan Indonesia menjadi tuan rumah.

Langkah perdana yang dibuat Menpora sebagai Ketua INAFOC adalah memerintahkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk berkoordinasi dengan Federasi Sepak Bola (FIFA) terkait stadion yang akan jadi venue pertandingan. Seperti diketahui, ada enam stadion yang disodorkan PSSI ke FIFA.

Enam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Manahan, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Stadion Si Jalak Harupat, dan Stadion Jakabaring. Kini penentuan berada di tangan FIFA. Namun, belum diketahui pasti kapan sang induk sepak bola dunia itu akan memberi kepastian.

Menurut Menpora, akan lama untuk menunggu keputusan FIFA, padahal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) membutuhkan waktu untuk pengerjaan dan persiapan administrasi. Untuk itu, Zainudin Amali meminta PSSI untuk terus berkoordinasi dengan FIFA.

Politisi Golkar ini mengklaim, sudah ada empat stadion yang dipastikan bakal jadi venue, yakni SUGBK, Bung Tomo, Manahan dan I Wayan Dipta. Sementara Si Jalak Harupat dan Jakabaring masih menunggu persetujuan FIFA. Jika ada perubahan, lanjutnya, itu akan disesuaikan dengan keputusan FIFA.

"PSSI harus koordinasi dengan FIFA secara terus menerus. Kita tunggu. Keputusan (rapat) tadi penting segera untuk diambil, karena Kementerian PUPR membutuhkan kepastian untuk pengerjaan secara fisik maupun persiapan administrasi," ujar Menpora.

"Kalau FIFA memutuskan lain, nanti disesuaikan. Kita harap FIFA akan menyesuaikan dengan apa yang dipersiapkan," tambahnya.

Tugas lain untuk PSSI jelas mempersiapkan timnas Indonesia yang berkualitas. Tugas itu menjadi tanggung kawab Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Menpora kembali menegaskan, Presiden Jokowi ingin Indonesia tak hanya sukses penyelenggaraan, tetapi juga berharap prestasi di lapangan hijau.

"Ya, (Presiden Joko Widodo) berharap maksimal ya, tidak hanya sampai penyisihan saja. Jadi ,sebagai tuan rumah harus kita maksimalkan. Harapan Presiden harus berprestasi," kata Menpora