Hellcrust Lampiaskan Sejawat untuk Balamaut

JAKARTA - Pasukan metal Tanah Air, Hellcrust akhirnya melepas album Sejawat yang direkam sejak tahun 2018 lalu. Suatu karya yang menekankan penghargaan atas dedikasi semua pihak yang selama ini telah menancapkan andil mendukung sepak terjang Japs (vokal), Arslan Musyfia (bass), Nyoman Bije (gitar), Andyan Gorust (dram), dan Dirk ‘Derik’ Marthin (gitar) di ranah musik keras.

Proses penggarapan Sejawat dimulai dari beberapa part lagu yang direkam secara mandiri oleh Alan dan Bije. Namun untuk brainstorming keseluruhan baru dimulai sejak mereka merilis single Rimba Khalayak

Seperti album sebelumnya, Kalamaut, setiap personel Hellcrust juga leluasa membuat bagan lagu masing-masing di Sejawat. Dan saat memasuki tahap pengolahan keseluruhan, mereka selalu melibatkan kreativitas dan ide tiap personel sampai dirasa materi lagu-lagunya layak untuk dieksekusi.

“Dalam Sejawat, kami berusaha menutup hal yang belum bisa kami terapkan di album sebelumnya, yaitu eksplorasi permainan, sound, lirik dan lain sebagainya. Ditambah lagi dengan masuknya Derik menggantikan Baken (Nainggolan) seperti menambah warna baru dalam mengaransmen tiap-tiap part lagu menjadi satu kesatuan lagu,” tutur pihak band dalam keterangan tertulis yang diterima meja redaksi.

Sebagai penghargaan kepada semua pihak yang membantu dalam setiap proses naik turun dan berbagi suka duka bersama Hellcrust tadi, sebuah komposisi bertajuk Balamaut dilontarkan di album baru ini.

“Kami mengedepankan lagu Balamaut, lebih kepada dedikasi kami baik kepada musik yang kami jalani sampai saat ini, dan sebagai dedikasi kami kepada khalayak Balamaut (para fans Hellcrust) yang secara tidak langsung sudah menjadi bagian dari Sejawat itu sendiri,” pihak band menegaskan.

Selain Balamaut, album Sejawat yang diproduseri Hellcrust  bekerja sama dengan Santo Gunawan dari Armstretch Records dan didistribusikan via merchconsmerch.com ini, juga menyemburkan komposisi-komposisi brutal lainnya, yakni Parasit Kaki Langit, Mayoritas Keabsolutan, Suaka Kelayakan, Simbiosis 69, Bacot Patriot Mulut Pemadat, Salamaut, Transisi serta single yang telah diluncurkan lebih dulu pada awal 2019 lalu, Rimba Khalayak.

Namun sayangnya, setelah penggarapan Sejawat, Hellcrust terpaksa harus berpisah dengan Japs yang memilih fokus pada kariernya di luar musik. Kini untuk penampilan panggung, Hellcrust mengajak Septian ‘Asep’ Maulana sebagai pengganti tugas Japs di lini vokal.

“Japs memiliki andil besar di Hellcrust dalam menarasikan suatu topik dan menumpahkan tiap bait menjadi satu kesatuan lirik. Bisa dikatakan ini adalah album perpisahan Japs bersama Hellcrust. Sebuah keputusan yang harus kami hormati,” Hellcrust mengakhiri.

Setelah perilisan Sejawat, formasi baru Hellcrust kini sudah mewacanakan melakukan tur serta showcase untuk promosi perilisan album baru. Namun karena terkendala pandemi COVID-19, kemungkinan mereka akan fokus memanfaatkan platform media streaming untuk membantu promo album Sejawat.

>