Menko Muhadjir: Jangan Pilih-pilih Vaksin, Semua Sama dan Berkhasiat

JAKARTA -  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, mendorong masyarakat menyukseskan program vaksinasi COVID-19 dengan tidak memilih-milih jenis vaksin yang ada. Sebab menurutnya vaksin yang digunakan oleh Indonesia saat ini semuanya adalah yang terbaik dan halal.

“Segera ikut mensukseskan program vaksinasi ini dengan datang ke lokasi-lokasi pelaksanaan vaksinasi. Jangan pilih vaksin karena semua vaksin sama dan berkhasiat. Insyaallah semuanya juga halal,” ujar Muhadjir, Senin, 30 Agustus.

Muhadjir menjelaskan, hingga Kamis, 26 Agustus, capaian vaksinasi dosis pertama baru sebesar 28,53 persen. Sedangkan, untuk vaksin dosis kedua hanya sebesar 16,02 persen.

Karena itu, Muhadjir menegaskan, untuk percepatan capaian vaksinasi nasional dibutuhkan kerja sama dan peran serta seluruh elemen masyarakat.

Pemerintah, kata dia, juga mengajak semua pihak baik organisasi sosial kemasyarakatan, para tokoh keagamaan dan tokoh masyarakat, para swasta, pelaku usaha organisasi swadaya masyarakat serta voluntair untuk terus saling bahu-membahu bekerja sama menyukseskan vaksinasi.

“Kita berhadapan dengan suatu kenyataan bahwa suka tidak suka, mau tidak mau kita akan berdampingan dengan COVID-19 dalam jangka waktu yang belum bisa kita akan dapat berakhir,” tegas Muhadjir. 

Selain itu, kata Muhadjir, perlu juga kerja sama seluruh elemen bangsa untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Serta memanfaatkan semua kemampuan termasuk teknologi digital guna mempercepat pemulihan di bidang kesehatan dan ekonomi. Terutama di sektor produktivitas untuk mengakhiri pandemi COVID-19.

“Oleh sebab itu, sekali lagi jangan kita lengah, tetap waspada tinggi agar pandemi ini akan terus terkendali,” kata Muhadjir.