Perluas Layanan Keuangan di Segmen Ritel, Bank Mandiri Hadirkan Mesin EDC Berfitur Android

JAKARTA - PT Bank Mandiri Tbk. baru saja merilis mesin electronic data capture (EDC) berfitur Android yang dapat menerima pembayaran melalui skema QR Payment. Selain itu EDC Android ini juga dapat terintegrasi dengan berbagai layanan lain seperti system POS (point of sales), aplikasi merchant, dan juga platform promosi dan loyalty.

Direktur Jaringan dan Retail Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan bahwa inisiatif ini merupakan komitmen perseroan dalam penyediaan layanan keuangan digital.

“Kami terus beradaptasi dan mengadopsi perkembangan terkini terkait alat pembayaran digital agar dapat memberikan nilai tambah yang optimal kepada nasabah dan mitra merchant,” ujarnya dalam keterangan tertulis saat peluncuran di Jakarta hari ini, Selasa, 24 Agustus.

Aquarius menambahkan, kehadiran teknologi EDC Android ini diharapkan juga dapat memberikan pengalaman transaksi baru bagi masyarakat. Diklaim bahwa, Mandiri EDC Android ini merupakan bentuk inovasi digital dalam memenuhi kebutuhan transaksi nasabah.

“Ini menjadi langkah untuk menjadi bank dengan cakupan bisnis ritel yang adaptif terhadap kebiasaan baru nasabah,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director SOGO Department Store Indonesia Handaka Santosa menyebut jika layanan yang diberikan oleh Bank Mandiri dapat menghadirkan pengalaman baru bagi pelanggan SOGO.

“Bekerja sama dengan Bank Mandiri, kami ingin memberikan shopping experience yang semakin menyenangkan dengan memberikan beragam privilege dan keuntungan bagi para pemilik kartu Mandiri serta para pelanggan setia SOGO,” katanya.

Senada, Direktur Utama Yokke Niniek S. Rahardja selaku mitra lain Bank Mandiri mengungkapkan bawah technology enabler yang dihadirkan dinilai memberikan solusi bagi seluruh pemangku kepentingan.

“Tujuan utama kami adalah menghadirkan pengalaman bertransaksi yang aman, nyaman, mudah dan cepat bagi semua stakeholders dalam ekosistem pembayaran di Indonesia,” tegas Niniek.

Sebagai informasi, Bank Mandiri berkolaborasi dengan Yokke (PT Mitra Transaksi Indonesia) dalam penyediaan layanan keuangan digital. Pada tahap awal, Bank Mandiri telah bekerjasama dengan SOGO Indonesia untuk menempatkan Mandiri EDC Android di sejumlah merchant-nya.

Adapun, hingga Juli 2021 terdapat lebih dari 150.000 merchant kerjasama, dengan jumlah EDC di kisaran 218.000 unit.

Dari jumlah tersebut, Bank Mandiri mencatatkan volume penjualan sebesar Rp62 triliun di posisi Juli 2021, dengan peningkatan sebesar 13 persen dibandingkan tahun sebelumnya (year-on-year/y-o-y). Di samping itu Mandiri EDC mencatatkan transaksi sebanyak 104 juta di posisi Juli 2021 atau meningkat sebesar 12 persen y-o-y.