MNC Studios, Rumah Produksi Ikatan Cinta Milik Konglomerat Hary Tanoesoedibjo Ini Raup Pendapatan Rp974 Miliar dan Laba Rp152 Miliar
JAKARTA - PT MNC Studios International Tbk (MSIN) membukukan lonjakan kinerja di enam bulan pertama tahun ini. Induk dari MNC Pictures rumah produksi sinetron Ikatan Cinta ini meraup pertumbuhan pendapatan dan laba di semester I 2021.
Berdasarkan laporan keuangan per 30 Juni 2021, MSIN tercatat telah mengalami lonjakan jumlah laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar 101,46 persen. Di mana pada semester I 2021, perusahaan milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo ini menghasilkan laba sebesar Rp152,49 miliar, sedangkan pada periode sama tahun lalu berjumlah Rp75,69 miliar.
Hal ini beriringan dengan jumlah pendapatan yang juga mengalami peningkatan sebesar 36,12 persen menjadi Rp974,89 miliar pada enam bulan pertama 2021, sementara pada periode yang sama di tahun sebelumnya menghasilkan Rp716,18 miliar.
Pendapatan dari emiten tersebut berasal dari bisnis konten sebesar Rp888,88 miliar, digital Rp188,56 miliar dan talent serta lainnya sebesar Rp135,48 miliar. Jumlah dari pendapatan sebesar Rp1,21 triliun tersebut kemudian dikurangi dengan biaya eliminasi sebesar Rp238,04 miliar yang merupakan jumlah pendapatan pada semester I 2021.
Investor Relation MNC Studios International Luthan Fadel Putra menjelaskan, lonjakan besar pendapatan usaha tidak lepas dari peningkatan volume produksi konten dan peningkatan pesat pada pendapatan digital perseroan.
Baca juga:
- Perusahaan Konglomerat Hary Tanoesoedibjo Butuh Rp2 Triliun untuk Kembangkan MNC Lido City Periode 2020-2021
- Laba MNC Vision Perusahaan Milik Konglomerat Hary Tanoesoedibjo Ini Melesat 148 Persen di Kuartal I 2021
- Kabar Gembira dari MNC Studios, Rumah Studio Ikatan Cinta Milik Konglomerat Hary Tanoesoedibjo Mau Bagi Dividen
- Bank Milik Konglomerat Hary Tanoesoedibjo Ini Gendeng XL Axiata, Targetkan 1 Juta Pengguna Baru
Pendapatan konten pada semester I 2021 tercatat sebesar Rp888,88 miliar yang naik jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar Rp735,46 miliar. Peningkatan pesat juga terjadi pada bisnis digital dari Rp74,37 miliar menjadi Rp188,56 miliar.
"Peningkatan pada pendapatan konten juga berasal dari keterlibatan MSIN yang berkelanjutan dalam mengadopsi iklan kreatif yang ditempatkan di dalam kontennya,” tulis Fadel dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa 17 Agustus.
MNC Studios juga membukukan peningkatan jumlah aset pada semester I 2021, dari Rp2,31 triliun pada akhir tahun 2020 menjadi Rp3,28 triliun. Adapun jumlah ekuitas juga mengalami kenaikan dari Rp1,55 triliun pada kuartal IV 2020 menjadi Rp2,56 triliun pada semester I 2021. Sedangkan jumlah liabilitas mengalami penurunan dari Rp759,02 miliar menjadi Rp713,25 miliar.