IHSG Selasa Dibuka Menguat 1 Persen ke Level 4.862,11

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil balik menguat pada pembukaan perdagangan Selasa 16 Juni. IHSG dibuka menguat tajam 45,7 poin atau 1 persen ke level 4.862,11.

Membuka perdagangan, 204 saham menguat, 32 saham melemah dan 80 saham stagnan. Transaksi perdagangan mencapai Rp469 miliar dari 360 juta lembar saham yang diperdagangkan.

Pelemahan IHSG juga diprediksi Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama. Ia menilai, secara teknikal terlihat adanya potensi koreksi lanjutan pada pergerakan indeks hari ini, sehingga berpeluang menuju ke area support.

Berdasarkan analisisnya, level support pertama IHSG berada di 4.778, dan support kedua berada di level hingga 4.717. Sementara, resistance memiliki rentang pada level antara 4.865 hingga 4.975.

Adapun, sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), dan PT Timah Tbk (TINS). Selain itu, investor juga bisa mencermati saham PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE), dan PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON).

Pendapat sedikit berbeda dikungkapkan Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi. Menurut dia, secara teknikal IHSG berpotensi bergerak fluktuatif hari ini. Namun, indeks akan mencoba untuk ditutup di zona hijau dengan area support dan resistance di level antara 4.757 hingga 4.901.

"Dampak dari gelombang kedua wabah COVID-19 di sejumlah negara telah membuat mayoritas aset berisiko kembali sell off," kata Lanjar.

Saham-saham yang dapat dicermati investor pada perdagangan hari ini antara lain, PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), dan PT Barito Pacific Tbk (BRPT). Investor juga bisa mencermati saham PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP), PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).