Kaum Bumi Datar Jadi Bahan Guyonan Kesuksesan Roket SpaceX-NASA

JAKARTA - Sudah sejak lama penganut paham Bumi datar atau Flat Earth, menganggap bentuk planet yang kita tinggali saat ini tidak bulat seperti ilmu pengetahuan pada umumnya. Mereka meyakini selama ini planet Bumi berbentuk datar. 

Namun, sejak peluncuran roket komersil yang diinisiasi SpaceX dan NASA ke luar angkasa. Banyak komunitas flat earth yang justru diejek dan diolok-olok saat kamera milik Crew Dragon mengabadikan bentuk Bumi yang bulat

"Hei #FlatEarth, kami baru saja meluncurkan dua orang Amerika ke ruang angkasa sepenuhnya, dengan rekaman langsung. Sama sekali tidak mungkin itu palsu. Sedot, flerfs," ungkap akun @USMCNoggin, seperti dilansir laman Unilad, Sabtu, 6 Juni.

Video yang diunggah NASA itu memperlihatkan proses peluncuran roket Falcon 9 milik SpaceX menuju Internasional Space Station (ISS). Dalam rekaman terlihat, proses roket yang membawa Dragon Crew lepas landas dari Kennedy Space Center di Florida. Pada saat memasuki orbit, terlihat bentu planet bumi yang melengkkung seperti bola.

"Flat earther pasti sangat bingung sekarang," imbuh @bringsnacks_.

Meski menerima banyak ejekan, komunitas bumi datar ini tak menggubris bagaimana proses peluncuran roket ke luar angkasa tersebut. Lewat akun Twitter, The Flat Earther, komunitas ini menganggap kalau rekaman itu mungkin saja telah direkayasa. 

"Mengapa menurut Anda bumi adalah bola dunia? Karena Anda melihat gambar Photoshop itu. Pernahkah Anda mencoba membuktikan dunia secara mandiri? Jika tidak, maka Anda tidak memiliki bukti globe." tulisnya.

Nyatanya komunitas bumi datar tetap menolak untuk mempercayai bila planet yang saat ini ditinggali berbentuk bulat. "Berita palsu, kita semua tau bahwa Stanley Kubrick memfilmkan ini tiga tahun yang lalu," kata @talacs.

Banyak teori bermunculan yang diciptakan oleh kaum Bumi Datar, sebagian besar mereka percaya bahwa dunia ini datar dan Matahari bergerak dalam lingkaran di sekitar Kutub Utara untuk menciptakan siang dan malam.

>

Mereka juga percaya manusia hidup di daratan yang tidak bergerak dengan kubah di atasnya, dan Matahari, Bulan, juga bintang-bintang serta segala yang dilihat di langit berada di dalam Bumi, bukan luar angkasa.

Sejatinya, SpaceX dan NASA telah berhasil mengirimkan dua orang astronaut Doug Hurley dan Bob Behnken ke luar angkasa. Mereka berangkat menggunakan roket komersil Falcon 9 dan kapsul Crew Dragon, keduanya kini diketahui masih berada di Stasiun Antariksa Internasional (ISS).