Apple Rilis macOS Monterey versi Beta, Dapat Tambahan Banyak Fitur Anyar!

JAKARTA - Bulan ini, Apple memperkenalkan sejumlah versi terbaru dari sistem operasi (OS) untuk berbagai gawai bikinannya. Mulai dari iOS 15, iPadOS 15, watchOS 18, hingga tvOS 15. Kini, versi beta untuk OS macBook juga diperkenalkan perusahaan. Namanya macOS Monterey.

Sejak Kamis lalu, 1 Juli, versi OS terbaru untuk perangkat macBook ini sudah tersedia dan bisa diunduh secara bebas. Sekilas, dari sisi fitur dan tampilan, OS anyar ini tak jauh berbeda dari pendahulunya –yakni macOS 11 Big Sur.

Hanya saja, menurut temuan tim VOI, perusahaan sudah menanamkan sejumlah pembaruan. Terutama untuk layanan paling kondang. Salah satu yang paling menarik yakni pembaruan pada layanan FaceTime.

Pada layanan tersebut, perusahaan menambahkan Mode Potret, di mana pengguna bisa mengaktifkan fitur untuk mengubah tampilan latar belakang jadi blur saat melakukan panggilan. Mirip fitur yang terdapat pada iPhone. Begitu pula namanya.

Hanya saja, menurut uji coba Monica Chin dari The Verge, masih ada beberapa bug pada versi anyar FaceTime. Seperti blur yang kurang utuh, terutama saat ada beberapa obyek fokus yang terletak di belakang pengguna.

Meskipun begitu, Apple mengungkapkan bahwa Mode Potret bakal tersedia juga pada aplikasi pihak ketiga. Sehingga, pengguna cuma perlu sabar menanti peluncuran versi resmi agar perusahaan memperbaiki beberapa bug yang muncul.

Di samping itu, Apple turut menambahkan beberapa fitur anyar. Membuat layanan FaceTime siap bersaing langsung dengan kompetitor terbesarnya –yakni Zoom.

Contoh fitur anyar tersebut yakni dukungan tampilan grid, fitur Spatial Audio yang membuat suara orang lain lebih jelas ketika mereka jadi pembicara, serta membuat tautan dari panggilan FaceTime sebelum panggilan konferensi dimulai –seperti fitur milik Zoom.

Tak hanya itu, perusahaan juga menambahkan fitur anyar yang diberinama SharePlay. Fungsi fitur ini mirip seperti Netflix Party atau Scener. Dengan penyesuaian cuma bisa diaplikasi untuk FaceTime saja.

Sama seperti Netflix Party, pengguna dan partisipan panggilan video bisa menonton konten dari layanan streaming tertentu secara bersamaan. Tak hanya itu, tersedia pula pilihan sinkronisasi pengaturan seperti Pemutar Ulang Video dan Kontrol Video.

Memang, SharePlay bukanlah bentuk layanan anyar nan inofatif. Tapi, kita tetap harus menghargai perusahaan yang rela menambahkan layanan sejenis pada perangkatnya. Apalagi, SharePlay juga sudah mendukung sejumlah layanan besar –seperti Disney Plus, Hulu, HBO Max, Twitch, hingga TikTok!

Fitur lain yang tak kalah menarik perhatian adalah Quick Note. Layanan ini memberi kemudahan pada pengguna untuk membuat catatan dari artikel atau tulisan yang sedang dibaca. Hingga file yang sedang Anda buka seperti Maps, Photos, dan aplikasi lainnya.