Lagu Baru Remissa Gambarkan Kecemasan Hadapi Kehidupan

JAKARTA - Setelah melepas album akustik berjudul Untukmu Saja dalam format digital di penghujung tahun 2019, grup rock/grunge asal kota Malang Remissa merilis video lirik untuk singel terbarunya yang berjudul Harap-Harap Cemas pada 9 April. Seperti karya-karya sebelumnya, dalam lagu ini Remissa masih berbicara mengenai isu-isu sosial.

Kali ini, vokalis sekaligus gitaris Rizky Toar selaku penulis lirik menuturkan kisah yang terinspirasi dari cerita kawannya. Ia mengisahkan kecemasannya dalam menghadapi kehidupan.

“Dia sering curhat ke saya kalau dia sampai frustasi dengan kehidupannya yang harus dikejar hutang tiap harinya,” kenang Rizky Toar dalam siaran pers yang VOI terima.

Menurut cerita pria yang akrab disapa Toar itu, kawannya adalah kepala keluarga yang merupakan seorang pekerja lepas dengan penghasilan yang tak menentu padahal ia memiliki banyak tanggungan – mulai dari menafkahi keluarga hingga membayar cicilan hutang. 

Selain untuk mencukupi kebutuhan keluarga, penghasilan yang pas-pasan menjadikan berhutang sebagai jalan terakhir yang harus dipilih. Bahkan sampai ia lupa akan kebutuhan psikis dan fisik dalam berumah tangga karena terlalu sibuk dengan tuntutan memenuhi kebutuhan pokok yang harganya terus naik dan mencekik.

“Dia pernah berpikiran gila bahwa dia menaganggap Tuhan sudah tidak menyayangi dia,” lanjutnya. “Lewat lagu Harap-Harap Cemas ini saya mencoba mewakili apa yang dirasakan oleh kawan saya tersebut atau sekiranya juga bisa mewakili orang-orang di luar sana yang bernasib sama.”

Sementara itu dari sisi musik, Harap-Harap Cemas disuguhkan Rizky Toar bersama Baron Wisnumurti (vokal, bass), Rizqtsany (gitar), dan Rufa Hidayat (drum) dengan formula baru; mulai dari aransemen musik, corak vokal, hingga piranti yang digunakan untuk rekaman.

>

“Kali ini kami mencoba bereksperimen dengan hal hal yang baru, seperti bunyi drum yang sangat digital, karakter vokal yang agak mendayu-dayu di bagian reff-nya, dan beberapa suara pads yang kami masukan ke dalam lagu,” terang gitaris, Rizqtsany.

Lagu Harap-Harap Cemas merupakan lagu tunggal (single) perdana yang dirilis untuk persiapan album terbaru Remissa yang rencananya diluncurkan tahun ini. 

Di tengah pandemi COVID-19 banyak agenda yang harus dibatalkan dan disusun ulang. Namun, Remissa menegaskan mencoba untuk terus produktif sembari menjaga kesehatan dan berdiam diri di rumah. Merilis karya untuk album baru, workshop daring, hingga merancang website untuk kepentingan pengarsipan dan publikasi karya adalah beberapa aktivitas yang dilakukan Remissa.