Kiat Meredakan Kecemasan di Tengah Ketidakpastian Kehidupan
Kecemasan (Pete Linforth - Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Bukan rahasia lagi bila kita hidup di tengah ketidakpastian. Ini bisa tentang apapun, termasuk kondisi pandemi, isu lingkungan, politik, kesehatan, karier, keuangan, keluarga, hubungan, dan konflik pribadi. 

Setiap orang sama-sama tidak tahu semua hal tentang apa yang akan terjadi di depan sana. Meski sudah berencana, tetap ada kemungkinan halangan terjadi nantinya. 

Kondisi seperti ini seringkali membuat orang menjadi cemas. Anda mungkin khawatir tentang masa depan sampai jantung berdetak lebih cepat, tangan Anda berkeringat saat dihadapkan pada situasi yang tak diinginkan. 

Pada akhirnya, Anda menanggung beban pikiran yang terlampau berat sampai bisa menyebabkan stres. 

Segala kejutan yang terjadi dalam hidup ini bisa menimbulkan dua respons berbeda, menyenangkan atau membuat hidup terasa lebih sulit. Namun, apapun yang terjadi, Anda harus terus maju untuk menghadapinya dengan baik. 

Bila mengalami kecemasan, segeralah mengatasinya dengan cara yang positif. Ini perlu dilakukan agar hati dan pikiran terasa lebih lega dalam menjalani hari. 

Berikut cara terbaik mengatasi kecemasan sehari-hari: 

Bernapaslah

Ketika ada hal-hal yang membuat Anda cemas, bernapaslah dalam-dalam untuk membantu memberikan rasa aman. Posisikan tubuh senyaman mungkin, bisa berbaring atau duduk bersandar. Hembuskan napas panjang dan ulangi sampai sekitar 10-15 menit. 

Menulis jurnal

Tuliskan segala hal yang membuat Anda cemas. Anggaplah Anda sedang bercerita pada orang yang paling bisa dipercaya. Tuliskan semua unek-unek yang dirasakan sampai benar-benar terasa lega. 

Meski terkesan sepele, menulis merupakan salah satu terapi yang membantu kecemasan. Lakukan kebiasaan ini secara rutin, misalnya setiap pagi atau sebelum tidur. 

Hidup sesuai nilai 

Kecemasan bisa semakin menjadi-jadi ketika Anda mulai membandingkan diri dengan orang lain dan ingin menjalani hidup seperti orang lain. Padahal, penting untuk mengetahui apa yang Anda inginkan secara pribadi.

Anda mungkin melihat kehidupan orang lain lebih menyenangkan dari berbagai aspek. Padahal, yang sebenarnya Anda butuhkan hanyalah waktu luang bersama orang tersayang, terlibat dalam kegiatan positif, serta memiliki pekerjaan yang Anda cintai. 

Lakukan apa yang benar-benar Anda pedulikan dan memberikan kedamaian pada hidup. Singkirkan sebisa mungkin hal-hal yang tidak disukai dan mulailah berfokus pada apa yang Anda cintai. 

Praktik seperti ini akan berkontribusi pada kesehatan mental dan pada akhirnya bisa membantu meredakan kecemasan. 

Relaksasi 

Untuk meredakan kecemasan yang terjadi sehari-hari, Anda mungkin butuh relaksasi secara rutin. Luangkan waktu untuk relaksasi sesuai yang Anda sukai.

Ini bisa saja bersantai sambil menonton film favorit sepulang kerja, memasak makanan lezat, berendam air hangat, meditasi sambil menyalakan lilin aromaterapi, yoga, membaca buku, mendengarkan musik, atau sekedar berbaring dan beristirahat sejenak saat merasa lelah.