Kiat Meredakan Pengar Setelah Mengonsumsi Minuman Beralkohol
Ilustrasi pengar (Sammy-Williams - Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah mengonsumsi minuman beralkohol cukup banyak, umumnya orang akan mengalami hangover atau pengar. Kondisi ini menimbulkan beberapa gejala seperti sakit kepala, badan terasa berat, lelah, mual, dehidrasi, bahkan diare. 

Menurut penjelasan Dr. Anita Sturnham, alkohol bersifat diuretik dan ini merangsang hormon yang meningkatkan buang air kecil sehingga tubuh banyak kehilangan air.

Ada banyak mitos untuk menghilangkan pengar, termasuk makan makanan berminyak hingga mengonsumsi tambahan alkohol di pagi hari. Namun, berikut cara paling sederhana dan ampuh meredakan pengar: 

Minum jus buah pir 

Menurut para peneliti di Organisasi Riset Ilmiah dan Industri Persemakmuran Australia, minum jus pir bisa meredakan efek pengar setelah mabuk. Jus berinteraksi dengan enzim dan dapat memecah alkohol. Kemudian mempercepat metabolisme dan meninggalkan lebih sedikit alkohol yang diserap tubuh. 

Konsumsilah segelas jus pir setelah Anda bangun dan sebelum makan atau minum apapun agar hasilnya lebih maksimal. 

Konsumsi vitamin 

Konsumsi alkohol berlebihan dapat berfungsi sebagai antinutrien, ini akan meningkatkan permintaan tubuh terhadap vitamin dan mineral. Anda akan merasa lesu, lelah, dan daya tahan tubuh terganggu. Untuk itu, konsumsilah suplemen vitamin untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. 

BACA JUGA:


Bergerak 

Meski kepala masih terasa pusing dan berat, jangan terlena untuk terus berbaring setelah bangun pagi. Dorong diri Anda untuk bangun dan bergerak. Cobalah berjalan-jalan di sekitaran rumah selama 15 menit atau bahkan melakukan olahraga ringan yang membuat tubuh berkeringat. 

Minum air

Karena kemungkinan tubuh kehilangan banyak cairan dan menyebabkan dehidrasi, jangan lupa minum air lebih banyak sekitar 2-3 liter per hari. Asupan cairan selain alkohol dalam tubuh dapat  memperlambat kerja tubuh dalam menyerap alkohol dan bisa menurunkan konsentrasi alkohol dalam darah. 

Antioksidan 

Konsumsi alkohol dapat menyebabkan stres oksidatif yang menyebabkan tubuh memproduksi radikal bebas. Kondisi ini bisa diatasi dengan antioksidan yang bisa mengurangi efek negatif dari alkohol.

Untuk meredakan pengar, konsumsilah makanan tinggi antioksidan seperti buah beri, ceri, anggur, wortel, bayam, jahe, cokelat, teh hijau, dan kacang-kacangan.