DKI Bakal Pasang 12 Portal S di Kuningan, Halang Pemotor Naik Trotoar

JAKARTA - Dinas Bina Marga DKI akan memasang pembatas portal S di sepanjang trotoar sekitar kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Ada 12 titik portal S yang akan dipasang.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho menyebut pemasangan akan dilakukan pada minggu pertama bulan Mei 2021.

"Ada 12 titik yang perlu dipasangi pembatas portal S. Titiknya mulai dari trotoar Jalan Dr. Satrio, pom bensin Shell sampai depan Mal Kuningan City," kata Hari kepada VOI, Kamis, 29 April.

Hari menuturkan, portal S dipasang dengan tujuan untuk menghalangi sepeda motor untuk naik ke atas trotoar dan memanfaatkan trotoar sebagai lahan parkir.

Kelebihannya, portal S yang dirancang dengan bentuk dua garis melengkung ini masih dapat diakses oleh pejalan kaki dan kaum disabilitas pengguna kursi roda.

"Pembatas portal S ini dirancang sebagai penghalang agar trotoar tidak dapat diakses oleh kendaraan bermotor namun masih dapat diakses oleh pejalan kaki dan pengguna kursi roda," ungkap Hari.

Ia melanjutkan, keputusan untuk memasang pembatas portal S didasarkan pada kemudahan akses. Terlebih, portal S juga lebih mampu menghalau pemotor untuk melintas ketimbang tiang kecil atau bollard.

"Portal S lebih ramah difabel dan agar kendaraan motor tdk parkir di median trotoar tersebut," tutur dia.

Lebih lanjut, Hari menuturkan kegiatan pemasangan portal S dilakukan dengan menggandeng komunitas pejalan kaki dan penyandang disabilitas. Tujuannya, agar memaksimalkan fungsinya tanpa mengurangi kemudahan akses.