Toyota Land Cruiser 70 Tawarkan Opsi Transmisi Manual di Australia
JAKARTA - Toyota telah memperluas model Land Cruiser 70 untuk pasar Australia dengan menghadirkan opsi transmisi manual lima percepatan untuk semua varian bermesin 4-silinder, kecuali tipe kabin tunggal dan wagon versi Workmate.
Vice President Sales, Marketing and Franchise Operations Toyota Australia, Sean Hanley mengatakan penambahan opsi tersebut berpotensi menambah daya tarik konsumen yang berminat pada mobil berdesain retro tangguh tersebut.
“Ketangguhan, kemampuan, dan kinerja penarik dan off-road dari powertrain otomatis empat silinder telah diterima dengan sangat baik oleh pelanggan dan opsi manual baru akan semakin memperluas daya tarik tersebut,” kata Hanley dalam laman resmi perusahaan, Selasa, 10 Desember.
Diharapkan dengan opsi terbaru ini dapat peminat dari mobil ini akan bertambah setelah pabrikan memutuskan untuk menyuntik mati pilihan mesin V8 dengan transmisi manual pada awal tahun ini.
“Ketika kami menghentikan V8 LandCruiser 70 Series awal tahun ini, kami tahu ada beberapa pelanggan yang mengeluhkan tidak adanya gearbox manual dalam jajaran produk tersebut, jadi kami ingin memastikan bahwa kami dapat menawarkan kepada semua pelanggan kami berbagai pilihan powertrain dan transmisi manual ini,” tambah Hanley.
Baca juga:
Dibandingkan dengan versi manual V8 sebelumnya, gearbox manual baru telah dirancang untuk memanfaatkan keluaran torsi lebih tinggi dari mesin 4-silinder dengan gigi pertama, kedua dan ketiga yang lebih pendek untuk membantu kinerja start-off, dan gigi kelima yang lebih panjang.
Dengan demikian, ini membantu meningkatkan penghematan bahan bakar dan mengurangi kebisingan mesin saat melaju di jalan raya.
Selain itu, komponen flywheel terbaru juga kompatibel dengan kopling 12 inci dan cocok untuk powertrain terbaru, memberikan ketahanan selip kopling yang sangat baik, sementara mekanisme sinkronisasi tiga kali lipat telah ditambahkan pada gigi pertama guna meningkatkan pengoperasian perpindahan.
Selain itu, mobil bertransmisi manual terbaru ini ditambahkan perangkat dust seal ke pelat ujung belakang untuk mencegah masuknya benda asing ke bantalan pelepas.
Transmisi manual tersebut bekerja sama dengan mesin 2,8 liter 4-silinder turbo-diesel berkekuatan 150 kW pada 3.200 hingga 3.400 rpm dan torsi 450 Nm pada 2.400 hingga 3.000 rpm.
Opsi transmisi konvensional ini akan bergabung dengan pilihan otomatis enam percepatan dengan harga mulai dari 77.200 dolar Australia (Rp787,1 juta).