Sambut Libur Nataru, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Capai Rp26 Triliun
JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) akan mengalokasikan uang tunai sebesar Rp26 triliun atau naik sebesar 4,6 persen dibandingkan dengan realisasi pada tahun sebelumnya untuk menyambut kebutuhan transaksi selama periode libur Natal dan tahun baru (Nataru).
SEVP Corporate Relations Bank Mandiri Wisnu Trihanggodo menyampaikan penyediaan dana tersebut sebagai langkah antisipatif Bank Mandiri terhadap lonjakan kebutuhan masyarakat untuk transaksi tunai selama periode liburan yang berlangsung 33 hari, mulai 1 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025.
Wisnu menambahkan peningkatan alokasi tersebut dilakukan menyusul proyeksi kenaikan transaksi ATM/CRM masyarakat.
“Berdasarkan historis, proyeksi kenaikan kebutuhan dana untuk ATM/CRM sendiri tahun ini sebesar 3,3 persen, yang akan difokuskan pada mesin-mesin ATM/CRM yang berada di bandara, terminal, stasiun kereta serta tempat-tempat wisata utama,” ujar Wisnu dalam keterangan resmi pada Kamis, 5 Desember.
Wisnu menyampaikan perseroan telah mengantisipasi puncak transaksi nasabah di ATM maupun EDC pada hari raya Natal dan tahun baru 2025.
Adapun, hingga saat ini total ATM Bank Mandiri yang beroperasi tercatat sebanyak 12.885 mesin yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia. Sedangkan jaringan Mandiri EDC tercatat sebanyak 258.000 unit di seluruh merchant.
Wisnu menyampaikan perseroan memproyeksikan akan terjadi puncak kebutuhan pengisian uang ATM jatuh pada dua hari sebelum perayaan hari raya Natal 2024 dan dua hari sebelum tahun baru 2025.
"Transaksi pada mesin EDC diperkirakan juga akan mengalami peningkatan pada periode hari raya Natal dan tahun baru 2025, mengingat adanya pembagian THR untuk karyawan yang merayakan hari raya Natal. Mengantisipasi hal ini, Bank Mandiri telah menyediakan 259.000 jaringan EDC untuk mendukung transaksi non tunai nasabah," jelasnya.
Dalam mengoptimalkan transaksi non tunai pada masa Nataru, Wisnu menyampaikan perseroan juga mendistribusikan kartu uang elektronik Mandiri e-money sebanyak 947.000 ke jaringan cabang serta mitra merchant Bank Mandiri.
Selain itu, Wisnu juga memastikan kesiapan jaringan layanan digital banking seperti super app Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan.
Baca juga:
Wisnu menambahkan juga mengajak nasabah untuk memanfaatkan fitur digital dalam Livin’ by Mandiri untuk kebutuhan transaksi finansial maupun gaya hidup selama periode libur Natal dan tahun baru 2025.
"Kami terus berkomitmen menghadirkan solusi digital yang cepat, aman, dan mudah untuk memenuhi kebutuhan finansial,” jelasnya.
Sebagai tambahan informasi, sejak diluncurkan pengguna aplikasi Livin' by Mandiri menembus angka 28,1 juta pengguna hingga Oktober 2024 atau naik 32 persen secara (yoy). Dan total nilai transaksi Livin' by Mandiri telah mencapai Rp3.315 triliun dengan frekuensi transaksi 3,1 miliar transaksi.