Ridwan Kamil Andalkan Mobil Curhat dan Layanan Digital untuk Tangani Stres Warga Jakarta
JAKARTA - Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil, menawarkan sejumlah program untuk mengatasi stres dan masalah kesehatan mental warga, termasuk mobil curhat, layanan konseling di fasilitas kesehatan, hingga aplikasi digital.
Menurut Ridwan Kamil, peningkatan kualitas puskesmas dan rumah sakit untuk menyediakan konseling menjadi prioritas. Selain itu, layanan jemput bola akan dihadirkan langsung ke lingkungan warga.
“Aplikasi digital juga akan menjadi 'teman curhat' masyarakat, memudahkan mereka mengakses bantuan kapan saja," ujarnya dalam acara Mata Najwa, Kamis 21 November.
Mobil curhat, yang sukses diterapkan di Jawa Barat, kini telah diujicobakan di Jakarta dengan 13 titik layanan sejak Oktober 2024. Lebih dari 3.000 warga telah memanfaatkan layanan ini, dengan masalah terbanyak seputar ekonomi dan hubungan keluarga.
“Warga yang merasa didengarkan dapat menurunkan tingkat stres. Ini komitmen kami untuk mendekatkan layanan psikologi ke masyarakat," tambahnya.
Ridwan Kamil menegaskan, program ini dirancang untuk semua kalangan, mulai dari pelajar hingga lansia, menciptakan akses yang luas bagi kebutuhan kesehatan mental warga Jakarta.
Baca juga:
Berdasarkan data pelaksanaan program, masalah yang jadi curahan hati warga sangat beragam. Topik curhat terbanyak adalah masalah ekonomi, disusul masalah keluarga seperti hubungan suami-istri.
“Awal menggagas pilot project di Jakarta, kita menyasar Gen Z, tapi ternyata yang datang memanfaatkan layanan mobil curhat sampai nenek-nenek. Jadi kebutuhannya sangat tinggi, sangat luas, mulai dari anak sekolah hingga warga senior. Mobil curhat menjadi komitmen kami untuk mendekatkan layanan psikologi ke warga," kata Ridwan Kamil.