Bagikan:

JAKARTA - Bakal calon Gubernur Jakarta usungan PDIP dan Hanura, Pramono Anung merespons gagasan bakal calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil soal pengadaan mobil curhat sebagai layanan psikologi warga Jakarta.

Menurut Pramono, jika merasa stres, dirinya cukup mencurahkan isi hati pada dirinya sendiri.

"Ya, saya untuk diri sendiri curhat sama diri sendiri saja. Saya tidak mau curhat dengan orang lain. Pokoknya kalau urusan curhat, saya sama diri sendiri," tutur Pramono.

Bakal calon Wakil Gubernur pendamping Pramono, Rano Karno juga menanggapi ide mobil curhat berisi psikolog untuk melayani warga. Rano mempersilakan RK membangun gagasan yang akan dijalankan jika terpilih menjadi Gubernur Jakarta. Namun, menurutnya, konsep mobil curhat keliling tidak begitu efektif.

"Hahaha, enggak usah repot-repot psikolog keliling, dah. Ya, tentu setiap kita pasti punya misi, punya tujuan. Kita enggak usah dah ngejelek-jelekin yang mana," kata Rano ditemui di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin, 2 September.

Kemacetan Jakarta, diakui Rano, memang menimbulkan stres pada warga yang bermobilitas setiap hari. Terlebih, pada hari kerja, jutaan warga Jabodetabek ikut berkegiatan di Jakarta.

Menurut dia, yang perlu diprioritaskan dalam penanganan kemacetan adalah meningkatkan keterjangkauan akses transpotasi umum.

Jika memenangkan Pilkada Jakarta, Rano mengaku akan melanjutkan rencana pengembangan moda transportasi dari gubernur-gubernur sebelumnya.

"Bang Yos bikin busway. Bayangin kalau dulu enggak ada busyway, berhenti ini Jakarta. Bang Foke (Fauzi Bowo) bikin juga MRT segala macem, Ahok, kemudian Bang Anies," urai Rano.

"Jakarta itu udah punya plotting. Apalagi sekarang anggaran APBD DKI sudah diketok, disetujui oleh DPRD. Anggaran 2024-2025 programnya ini, enggak bisa Gubernur baru Wakil Gubermur baru kerja yang lain. Ini dulu yang mesti dikerjain," tambahnya.

Sebelumnya, RK mengaku bakal bakal membuat program untuk kesehatan mental warga Jakarta. Salah satunya adalah menghadirkan layanan konsultasi jiwa dengan psikolog keliling.

"Kita sedang mempersiapkan namanya mobil curhat. Sebuah kendaraan isinya konsuler, psikiater diperbanyak di mana-mana. Sehingga, kesehatan mental orang stres, bisa curhat, yang selama ini mungkin curhatnya ke HP via IG story," jelas RK, beberapa waktu lalu.

RK mengatakan masalah ini menjadi tantangan besar baginya. Sebab, Jakarta disebutnya masuk 10 besar kota yang memiliki tingkat stres di dunia menurut riset.